» » DUA RATUS RIBU ORANG KUNJUNGI PERPUSTAKAAN KARAWANG

Karawang, Humas

Upaya Bupati Karawang, H. Ade Swara beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan minat masyarakat, pelajar dan generasi muda untuk gemar membaca mulai menunjukkan perkembangan yang positif.  Hal ini antara lain terlihat dari meningkatnya jumlah kunjungan masyarakat, pelajar dan generasi muda yang memanfaatkan layanan perpustakaan dan bahan pustaka yang dikelola oleh Kantor Perpusatakaan Daerah Kab. Karawang sepanjang tahun 2011 ini.
Berdasarkan data yang telah dirangkum oleh Kantor Perpustakaan Daerah hingga tanggal 30 November 2011, jumlah pemustaka (pengunjung dan pemanfaat layanan perpustakaan) yang sudah terlayani di tahun 2011 mencapai 230.992 orang, atau sedikitnya mencapai 21 ribu pemustaka per bulan. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat, karena tahun 2011 masih menyisakan satu bulan lagi, yait Bulan Desember. Selain itu jumlah tersebut belum termasuk mereka yang memanfaatkan perpustakaan desa yang berada di gedung prototipe kantor desa di desa masing-masing.
 Jumlah pemustaka tersebut merupakan jumlah pemustaka kumulatif dari berbagai layanan perpustakan yang dikelola oleh Kantor Perpustakaan Daerah, yaitu Motor Pintar, Mobil Pintar, serta Perpustakaan Umum Daerah Kab. Karawang. Jumlah pemustaka yang memanfaatkan layanan motor dan mobil pintar sendiri telah mencapai 216.000 pemustaka, sedangkan yang memanfaatkan layanan Perpustakaan umum mencapai 14.992 orang.
Hingga tahun 2011 sendiri, jumlah bahan pustaka yang dimiliki Kantor Perpustakaan Daerah telah mencapai 2.228 jenis pustaka dengan total jumlah mencapai 21.008 eksemplar. Jumlah tersebut bertambah cukup besar, yaitu hingga mencapai 538 jenis pustaka dengan jumlah 1.038 eksemplar, dimana pada tahun 2010, jumlah pustaka yang dimiliki baru mencapai 1.690 jenis dengan jumlah 19.970 eksemplar.
Perpustakaan Daerah sendiri hingga saat ini telah memiliki jumlah anggota tetap mencapai 5.760 anggota. Jumlah tersebut bertambah sebanyaj 719 anggota dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 5.041 anggota.selain itu, jumlah perpustakaan yang secara kontinu dibina oleh Perpustakaan Daerah mencapai 200 perpustakaan desa, serta 30 perpustakaan sekolah. Untuk tahun 2012 mendatang, Pemerintah Daerah akan memberikan stimulant sarana prasarana bagi perpustakaan-perpustakaan tersebut.
Di sisi lain, selain mengoptimalkan peran perpustakaan, upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan minat baca juga dilakukan melalui bebagai program dan kegiatan. Program-program tersebut antara lain, adalah Lomba Minat Baca Tingkat Kabupaten, Roadshow Gerakan Membaca, Life Skill (bedah buku dan mempraktikkannya secara langsung), serta pemberian stimulant sarana prasarana untuk rintisan perpustakaan desa, serta pembuatan buku pandauan dan leaflet koleksi perpustakan.
Selain itu, Pemerintah Daerah juga senantiasa melakukan upaya restorasi dan pemiliharaan terhadap koleksi buku yang ada, khususnya buku-buku yang telah berumur cukup tua, langka dan tidak diterbitkan lagi. Upaya yang telah dilakukan terhadap koleksi-koleksi tersebut, diantaranya adalah dengan melakukan penjilidan ulang dan pengawetan bahan pustaka. Dengan demikian, buku-buku tersebut dapat terus digunakan dan dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lebih lama. (adsradionews).

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply