» » SIKAT GIGI SAJA TIDAK CUKUP, GIGI PERLU DIOLESI PASTA GIGI

Anjuran perawatan gigi biasanya cukup dengan menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari. Namun itu saja tidak cukup, agar perlindungannya optimal maka seorang ilmuwan menyarankan gigi juga perlu diolesi pasta gigi tanpa disikat dan dibilas.

Tujuannya adalah mendapatkan efek perlindungan yang maksimal dari fluoride dalam pasta gigi. Jika dioleskan langsung dengan jari lalu tidak dibilas, maka perlindungannya bisa 400 persen lebih tinggi dibandingkan hanya menyikatnya seperti biasa.

Sekelompok peneliti dari University of Gothenburg di Swedia membuktikan, kebiasaan mengoleskan pasta gigi langsung ke gigi dan gusi juga bisa mencegah pengeroposan dan gigi berlubang. Pasalnya giginya menjadi lebih kuat karena dilindungi fluoride.

Untuk membuktikannya, tim yang dipimpin oleh Dr Anna Nordstrom tersebut melakukan eksperimen terhadap 16 relawan. Frekuensi sikat giginya diamati, lalu dibandingkan dengan sebagian partisipan yang juga terbiasa mengoleskan pasta gigi di waktu-waktu tertentu misalnya sesudah makan.

"Mengoleskan pasta gigi ke bagian depan gigi Anda bisa menjadi cara mudah untuk memberikan perlindungan fluoride sepanjang hari. Tapi ini tidak menggantikan kebiasaan menyikat gigi, ini hanya pelengkap saja," kata Dr Nordstrom seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (28/3/2012).

Fluoride adalah mineral alami yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat tulang dan gigi, sehingga tidak mudah keropos dimakan bakteri atau kuman lain. Gigi yang dilindungi fluoride tidak mudah berlubang, karena lapisan enamelnya menjadi lebih keras.

Mineral ini bisa ditemukan dalam air minum sehari-hari, namun di beberapa wilayah kadarnya berbeda. Di Inggris misalnya, hanya 10 persen air minum yang sudah diperkaya dengan fluoride sedangkan di Amerika Serikat sudah 60 persen yang diperkaya fluoride.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply