» » BUPATI KARAWANG BUKA RAKERDA PROGRAM KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (KBPP) DAN KESEHATAN TAHUN 2012

Karawang, (News ADS Radio, Cikampek). Salah satunya barometer keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, adalah terwujudnya keberdayaan masyarakat dalam menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan hidupnya, baik sebagai individu, keluarga maupun masyarakat. untuk menunjang pencapaian tujuan pembangunan tersebut maka program keluarga berencana yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 1970, memiliki peranan dan kedudukkan yang strategis, karena terbukti efektif mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena itu program ini menjadi program andalan yang harus mendapatkan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang potensial melalui pendekatan keluarga yang berkualitas, baik dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya,  maupun aspek lainnya. Demikian dikatakan Bupati Karawang H. Ade Swara,MH saat membuka Rakerda Program Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan tahun 2012, di Aula Husni Hamid, Pemkab Karawang, Senin (09/3).

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Program KB di Kabupaten karawang sendiri, dari tahun ke tahun sudah menunjukkan keberhasilan. hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya kesadaran pasangan usia subur (PUS) menjadi peserta KB  aktif, termasuk keberhasilan dalam mengendalikan angka kelahiran dan laju pertumbuhan penduduk yang hingga akhir tahun 2011 mencapai angka 1,76. demikian halnya dengan keberhasilan penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang pada prinsipnya memiliki keterkaitan erat dengan keberhasilan penyelenggaraan program keluarga berencana, maka peningkatan pelayanan kesehatan terhadap segenap elemen masyarakat, sudah merupakan suatu keharusan sebagai pendukung utama keberhasilan pembangunan daerah secara menyeluruh. ungkapnya

namun demikian, menurut Bupati  dibalik keberhasilan di atas, hal yang patut kita antisipasi dalam pelaksanaan program KB di Kabupaten Karawang adalah bahwa seiring dengan semakin pesatnya pembangunan bidang industri di Kabupaten Karawang, hal ini  telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di luar kabupaten karawang untuk datang ke kabupaten karawang sebagai pencari kerja, yang tentunya hal ini berdampak terhadap kenaikan  laju pertumbuhan penduduk  serta total jumlah penduduk kabupaten karawang yang hingga akhir tahun mencapai 2.223.785 jiwa.

Berkaitan dengan penyelenggaraan kedua program dimaksud, tentunya bukan hanya tanggungjawab lembaga yang berkompeten, akan tetapi diperlukan sinergitas peran dan fungsi berbagai institusi yang peduli serta berkepentingan terhadap kedua program pembangunan dimaksud.

Pelaksanaan rakerda program KBPP dan kesehatan ini, selain merupakan wujud keterpaduan lintas sektor, juga diharapkan dapat memberikan daya ungkit dalam pencapaian program pembangunan bidang KB dan kesehatan dan kiranya difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga pra sejahtera dan Kurang Sejahtera I dalam mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan. selain itu menurutnya, melalui rakerda KBPP dan kesehatan ini, diharapkan mampu memahami sekaligus mengatasi berbagai permasalahan, termasuk penumbuhkembangan kader-kader penyuluh KB, serta terus berupaya mewujudkan lingkungan keluarga yang berkualitas, sehat dan sejahtera, sejalan dengan cita-cita pembangunan nasional dan daerah yang menitikberatkan pada terciptanya manusia yang sehat, cerdas dan produktif  serta mandiri. pengendalian pertumbuhan penduduk dan jumlah penduduk akan berimplikasi signifikan bagi peningkatan nilai indeks pembangunan manusia kabupaten karawang. Pungkasnya. (News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply