» » TIPS AMAN SEBELUM DAN SAAT BERKENDARA

Berkendara di jalan raya harus dengan persiapan yang matang. Untuk mengendarai mobil bagi Akang eteh seorang pemula terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya keselamatan, kenyamanan, dan keamanan seorang pengendara mobil tersebut. Karena, banyak terjadi fenomena dalam menyetir mobil seorang sopir bisa saja lengah dan mengabaikan hal-hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan hingga luka bahkan merenggut korban nyawa.

Tentu, kita harus lebih waspada bagi seorang yang sedang belajar mengendarai mobil. Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. Karena kecelakaan bisa menghampiri siapa saja yang lalai dalam berkendara maupun yang sering terjadi karena ngantuk dan dalam pengaruh narkoba.

Tips nyetir mobil, Cara aman mengendari mobil berikut ini dimungkinkan membantu anjeun yang sedang belajar nyetir mobil agar lebih aman dan terhindar dari kecelakaan. Faktor keselamatan sekecil apapun perlu kiranya kita lakukan karena nyawa tidak akan bisa ditebus oleh apapun.

Berikut adalah tips nyetir mobil secara aman :
  1. Pastikan kendaraan dalam kondisi 100% baik dan layak jalan. Sebaiknya mengecek kondisi Rem, Kopling, Ban, Lampu depan/belakang kendaraan.
  2. Jangan tergesa-gesa. Ini beberapa sebab terjadi kecelakaan yang sering terjadi menyetir dalam keadaan tergesa-gesa dan panik bisa mengakibatkan kecelakaan karena hilangnya konsentrasi saat menyetir. lebih baik persiapkan waktu lebih awal dari jadwal daripada tergesa-gesa.
  3. Cari posisi paling nyaman. Apabila posisi duduk anda tidak nyaman mengakibatkan kelengahan sehingga kontrol terhadap kemudi dan lingkungan sekitar pun berkurang.
  4. Taruhlah barang pada tempatnya, Hindari menaruh barang-barang secara berserakan dan tak tertata rapi di mobil anda, karena bisa saja hal tersebut mengganggu fokus berkendara. Hindari hiasan yang berlebihan di mobil anda, bisa jadi bukan semakin indah tapi malah jadi penghalang.
  5. Pastikan kaca spion pada posisi yang tepat. untuk menghindari blind spot perlu diperhatikan posisi spion agar area penglihatan kita lebih luas dan bisa mewaspadai kendaraan yang tiba-tiba muncul dari arah belakang, samping dan lain-lain.
  6. Fokus dan perhatikan jalan. Usahakan untuk tidak mengalihkan padangan mata anda. Dengan memperhatikan jalan dan fokus menyetir mobil anda bisa waspada selalu terhadap kemungkinan apa saja yang terjadi di depan atau di samping kanan-kiri anda.
  7. Perhatikan pengendara mobil lain. Bisa saja anda tidak melakukan kesalahan tapi kemungkina orang lain yang menyetir mobil sedang mengantuk adalah di luar kendali anda. jadi tetap waspada dan perhatikan pengendara lain apabila ada ciri-ciri mobil yang melaju terlalu dekat di belakang mobil lain, mengerem tanpa sebab, berpindah-pindah lajur sebisa mungkin untuk menghindari pengemudi seperti ini.
  8. Jangan mengemudi dalam pengaruh alkohol atau narkoba.
  9. Jangan Membedakan Jarak Tempuh. Terkadang jarak tempuh menjadi alasan untuk memeriksa/tidak memeriksa kendaraan. Dekat atau jauh, kendaraan harus tetap diperhatikan dan diperiksa kondisi nya!
  10. Kesadaran bahwa keselamatan adalah oleh kita, karena kita dan untuk kita bersama.
Semoga bermanfaat.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply