» » BUPATI ADE SWARA LAKUKAN KOMANDO GERAKAN PERCEPATAN TANAM DAN PENGENDALIAN OPT

Karwang (News ADS Radio, Cikampek). Untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui aksesbilitas teknologi, informasi, sarana dan kemitraan. Untuk itu, kepada semua komponen terkait agar dapat membimbing dan mengajak Petani dengan cara memberikan penyuluhan agar mereka mau dan mampu mengelola usaha taninya dengan melakukan berbagai inovasi, sehingga produktivitas padi bisa meningkat. Demikian dikatakan Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara,MH dalam sambutannya saat pencanangan Komando Gerakan Percepatan Tanam Musim Gadu Tahun 2012 dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) di Desa Lemah Mukti Kecamatan Lemah Abang, Kamis (24/5/2012).
Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa untuk membangun sektor pertanian di Kabupaten Karawang, hal ini mencakup pembangunan pertanian dalam arti luas dan selaras untuk mewujudkan 4 (empat) sukses pembangunan pertanian, yaitu : Pencapaian Swasembada berkelanjutan melalui peningkatan produksi dan Produktivitas Pertanian, perikanan dan kehutanan ; Peningkatan Diversifikasi pangan melalui Penganekaragaman komoditi pertanian ; juga Peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor melalui penanganan pasca panen dan komoditi olahan ; serta Peningkatan kesejahteraan petani. imbuhnya
Bupati juga menyampaikan bahwa  untuk tercapainya sasaran produksi padi di Kabupaten Karawang tahun 2012 sebesar 1,51 juta ton GKP, agar dapat berkontribusi langsung dalam mendukung program peningkatan beras nasional  (P2BN) dan surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014, maka perlu dilakukan upaya-upaya melalui program strategis, antara lain : Peningkatan mutu intensifikasi melalui penerapan teknologi spesifik lokasi yang berorientasi agribisnis, berwawasan lingkungan dan kearifan lokal ; Menurunkan/memperkecil kehilangan hasil melalui antisipasi terjadinya dampak perubahan iklim (DPI), gangguan/serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan Peningkatan Penerapan Teknologi panen dan pasca panen  serta membangun/rehabilitasi prasarana/infrastruktur usaha tani/jaringan irigasi (Jitut/Jides), jalan usaha tani, Penguatan kelembagaan tani, Pengembangan Kemitraan usaha. Dengan demikian Bupati berharap semua program Pemerintah dapat berjalan sesuai rencana sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi para petani khususnya dan masyrakat Karawang, dan berkar kerjasama semua pihak kini anggaran untuk Pertanian di Kabupaten Karawang terus meningkat. Pungkasnya.
Dalam Laporannya Kadis Pertanian Nahrowi menjelaskan bahwa di Musim Gadu 2012 sekarang ini realisasi tanamnya baru mencapai 25.383 Hektar yang seharusnya berdasarkan rencana sesuai Gol Air harus sudah tanam 56.341 Ha, ada keterlambatan seluas 31 ribu Ha. Keterlambatan tanam ini menurutnya disebabkan karena, Kurangnya tenaga Pengolah tanah khusunya Hand traktor, kemudian Infrastruktur sebagai pembawa air ke petakan sawah masih ada kendala karena pendangkalan, kemudian Pengadaan benih khusunya dalam program SL-PTT, ada sedikit ketelabatan karena proses administrasi dalam tender perlu ditempuh sesuai dengan prosedur yang benar. Namun sekarang semua telah teratasi dan pada saat ini kita mendaptkan tambahan Hand Traktor sebanyak 739 Unit. Ungkapnya
Disela pelaksanaan pencanangan tersebut, Bupati menyerahkan secara simbolis 739 handtraktor, Bantuan Benih, Pupuk serta Obat Pembasmi Hama. juga pada kesempatan tersebut Bupati dan Kasdim 06/04 Karawang langsung terjun ke sawah untuk mencoba handtraktor sebagai tanda dimulainya Gerakan Percepatan Musim Tanam tahun 2012, turut hadir Sekretaris Daerah Karawang, Camat Lemah Abang, Para Kepala OPD terkait.(News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama