» » BUPATI ADE SWARA PIMPIN UPACARA HARDIKNAS TAHUN 2012

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Bupati Karawang, H. Ade Swara bertindak selaku inspektur upacara pada kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2012. Dalam kegiatan yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan tersebut, menyampaikan sejumlah pesan terkait bidang pendidikan kepada seluruh komunitas pendidikan di Kab. Karawang dalam rangka membangkitkan kembali generasi emas Indonesia.
Lebih lanjut Bupati Ade Swara mengatakan, sejalan dengan tema peringatan Hardiknas tahun ini yakni “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”, tema tersebut tentunya sangat relevan dengan permasalahan dewasa ini. ”Khususnya dalam konteks pemberdayaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dapat membangun bangsa yang beradab,” ujarnya.
Sebagaimana kita ketahui, lanjut Bupati, kualitas sumber daya manusia masih menjadi persoalan utama dalam bidang pendidikan di Indonesia, baik di tingkat pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar dan menengah. Pembenahan kualitas sdm ini memang bukan pekerjaan mudah. Waktu yang dibutuhkan juga tidak akan sebentar, banyak  yang harus dibenahi, dalam memajukan bidang pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Karawang.
 Menurut Bupati, jalur pendidikan merupakan tulang punggung pengembangan sdm yang dimulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Arah pembangunan sdm di Indonesia ditujukan pada pengembangan kualitas sdm secara komprehensif meliputi aspek kepribadian dan sikap mental, penguasaan ilmu dan teknologi, serta profesionalisme dan kompetensi yang kesemuanya dijiwai oleh nilai-nilai religius sesuai dengan agamanya. “Dengan kata lain, pengembangan sdm di Indonesia meliputi pengembangan kecerdasan akal, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual,” jelasnya.
Untuk itu, agar pengembangan sumber daya manusia dapat mencapai sasaran yang tepat secara efektif dan efisien, diperlukan konsep, strategi dan kebijakan yang tepat pula, “Hal ini penting dilakukan karena peningkatan kualitas sdm Indonesia tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di dalam maupun diluar negeri, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan penghasilan bagi masyarakat,” imbuhnya.
 Bupati melanjutkan, Kabupaten Karawang mempunyai sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah, dengan keragaman hayati, geologi dan budaya yang luar biasa, namun harus kita akui kekayaan tersebut belum semuanya mampu dimanfaatkan bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia unggul yang hanya bisa diupayakan  melalui pembangunan dunia pendidikan secara komprehensif.
Di sisi lain, melalui momentum peringatan Hardiknas ini, Bupati Ade Swara pun turut mengintruksikan Dinas pendidikan, pemuda dan olahraga (Disdikpora) Kantor Kementerian Agama dan Polres, dan BNK Karawang dapat mengimplementasikan kurikulum satuan pendidikan (KTSP) khusus keagamaan dengan menambah waktu pembelajaran untuk peningkatan kemampuan baca tulis al-qur’an , serta mengembangkan kurikulum muatan lokal tertib lalu lintas, dan mencegah penyebaran dan penggunaan narkoba dikalangan pelajar ;
 Selain itu, Bupati Ade Swara juga menegaskan agar pada tahun pelajaran 2012/2013 setiap satuan pendidikan dapat melaksanakan manajemen berbasis sekolah secara utuh sehingga terwujud kemandirian dan kreatifitas sekolah yang memiliki visi dan misi target mutu serta memiliki kepemimpinan yang kuat serta dukungan dari komite sekolah, sekaligus menjaga ketersediaan, keterjangkauan, kualitas dan kesetaraan serta kepastian untuk memberikan jaminan bahwa peserta didik dapat memilih jenis jalur dan jenjang pendidikan sesuai dengan potensi akademis minat dan bakatnya pada setiap kegiatan penerimaan siswa baru.

Bupati Ade Swara juga turut menyampaikan ucapan terimkasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mereka yang telah berperan aktif dalam pengembangan dunia pendidikan di Kab. Karawang . Termasuk diantaranya adalah Bank Jabar-Banten serta PT. JAMSOSTEK Cabang Karawang yang melalui pelaksanaan CSR telah memberikan bea siswa senilai 300 juta rupiah kepada siswa kelas 1 sma/smk serta bea siswa, serta bantuan kepada para pekerja melalui beasiswa senilai 1,2 milyar rupiah kepada 500 siswa sltp/sma/smk dan perguruan tinggi yang merupakan anak para pekerja berprestasi. (News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama