TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

BUPATI DAN IBU HJ. NURLATIFAH ADE SWARA TERIMA ROMBONGAN TIM PENILAI LOMBA DESA DAN KELURAHAN TINGKAT PROPINSI JAWA BARAT TAHUN 2012

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). ”Guna memberikan motivasi dan mendidik masyarakat desa agar terpicu dan terpacu semangatnya untuk membangun desa yang berbasis pada pengembangan prakarsa dan swadaya gotong-royong masyarakat pedesaan yang tumbuh dari bawah, karena keberhasilan pembangunan pedesaan akan mudah terealisasi apabila didukung oleh seluruh elemen masyarakat ”. Demikian dikatakan Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara,MH dalam sambutan Selamat Datang pada acara penerimaan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2012, bertempat di Halaman Kantor Desa Pusaka Jaya Utara Kecamatan Cilebar, Senin (28/5).
Bupati juga mengatakan bahwa pelaksanaan lomba desa ini menurut pandangannya sebenarnya mempunyai berbagai macam keuntungan yaitu, kita akan mengetahui berbagai macam kekurangan yang ditemui di lapangan serta sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai, ” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati Ade Swara mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang selama ini telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pembangunan masyarakat desa yang dapat menunjang akselerasi pencapaian target yang meliputi : Pembangunan Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi kerakyatan, Pemerintahan, Keagamaan dan Ketertiban, Partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, ”tambahnya.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, LC dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Jawa Barat, Ir. Bambang Sugianto menyampaikan, tujuan diadakannya lomba desa ini untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong, ”imbuhnya.
Selain itu, kegiatan lomba desa ini juga merupakan perubahan paradigma dari membangun desa kepada desa membangun. Dimana, paradigma desa membangun adalah mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Syumber Daya Alam (SDA) untuk membangun desanya, secara swadaya sedangkan pemerintah berfungsi mengarahkan. Penilaian lomba desa lebih dititik beratkan pada kinerja aparat dan masyarakat dalam membangun desa.
Lebih lanjut Bambang Sugianto mengatakan bahwa kami sangat apresiatif atas sambutan pelaksanaan ini dan kami menghimbau kepada Kades beserta jajarannya juga semua masyarakat, agar dipersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pembangunan secara komprhenshif, karena desa Pusaka Jaya Utara ini akan mendapatkan Bantuan Desa Peradaban dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai 1 Milyar. Pungkasnya.
Tim Penilai lomba desa dan kelurahan terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, unsur PKK dan Unsur BPMD Propinsi Jabar. Adapun unsur yang dinilai dalam lomba desa dan kelurahan ini adalah pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, PKK, ekonomi kerakyatan, keamanan dan trantib serta produk unggulan desa/kelurahan, ”.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan ekspose dari Kepala Desa Pusaka Jaya Utara Sdr. Warman, Exspose dari PKK Kec. Cilebar dan Expose dari Lembaga Pengembangan Masyarat (LPM) Sdr. H. Ijang Aliman.
Bupati, Ketua TP PKK Karawang dan rombongan  beserta Tim Penilai meninjau beberapa kegiatan masyarakat desa dan berkesempatan melihat rumah sehat, Bupati beserta istri berharap Desa Pusaka Jaya Utara ini menjadi yang terbaik dan mampu mewakili Provinsi Jawa Barat di tingkat Nasional, serta mampu mengharumkan nama Karawang. (News ADS Radio, Cikampek)

Type above and press Enter to search.