» » JELAJAH INDONESIA - KABUPATEN KARAWANG

Tidak enak rasanya jika Akang Eteh belum mengenal berbagai macam keunikan budaya yang ada di Indonesia. Nah kali ini ADS Radio mempunyai satu garapan istimewa di bulan Mei 2012, yang akan mengajak Akang Eteh mengenal Indonesia lebih dalam dari sisi budaya dan tidak merubah sedikitpun kekhasannya. Semuanya Hanya ada di JELAJAH INDONESIA tayang setiap dinten Sabtu tabuh 08.00 wib. Dan untuk edisi ke tiga JELAJAH INDONESIA ADS Radio akan mengajak Akang Eteh untuk menjelajahi Kabupaten Karawang. 


Kabupaten karawang, adalah sebuah kabupaten di provinsi jawa barat, indonesia. Ibukotanya adalah karawang. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten bekasi dan kabupaten bogor di barat, laut jawa di utara, kabupaten subang di timur, kabupaten purwakarta di tenggara, serta kabupaten cianjur di selatan.

Kata karawang muncul pada naskah bujangga manik dari akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16. Bujangga manik menuliskan 

Leteng karang ti karawang,
Leteng susuh ti malayu,
Pamuat aki puhawang.
Dipinangan pinang tiwi,
Pinang tiwi ngubu cai,

Dalam bahasa sunda, karawang mempunyai arti penuh dengan lubang. Bisa jadi pada daerah karawang zaman dulu banyak ditemui lubang.

Cornelis de houtman, orang belanda pertama yang menginjakkan kakinya di pulau jawa, pada tahun 1596 menuliskan adanya suatu tempat yang bernama karawang, di tengah jalan antara pamanukan dan jayakarta, pada sebuah tanjung terletak karawang.

Meskipun ada sumber sejarah primer yaitu naskah bujangga manik dan catatan dari cornelis de houtman yang menyebutkan kata karawang, sebagian orang menyebutnya kerawang adapula yang menyebut krawang, seperti yang ditulis dalam buku miracle sight west java yang diterbitkan oleh provinsi jawa barat. Sedangkan dalam buku sejarah karawang yang ditulis oleh R. Cecep supriadi, disebutkan asal muasal kata tersebut, pertama berasal dari kata 'karawaan' yang mengandung arti bahwa daerah ini banyak terdapat rawa, hal ini dibuktikan dengan banyaknya daerah yang menggunakan kata rawa di depannya seperti, rawa gabus, rawa monyet, rawa merta dan lain-lain. Selain itu berasal dari kata kera dan uang yang mengandung arti bahwa daerah ini dulunya merupakan habitat binatang sejenis monyet yang kemudian berubah menjadi kota yang menghasilkan uang, serta istilah lain yang berasal dari belanda seperti caravan dan lainnya.

Mau tahu lebih jelasnya? jangan sampai ketinggalan JELAJAH INDONESIA ADS Radio tayang setiap dinten Sabtu tabuh 08.00 wib. Direncangan ku Evi Banowati.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama