» » SEKDA KARAWANG BUKA UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI TUKANG KONSTRUKSI TAHUN 2012

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur jasa konstruksi, , Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Uji Kompentensi dan Sertifikasi Tukang Konstruksi. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Ir. H. Iman Sumantri bertempat di Gedung Singaperbangsa Lt. III Pemda Karawang, Selasa (22/5).

Dalam sambutan tertulisnya Bupati H. Ade Swara yang dibacakan Sekda Iman Sumantri mengatakan bahwa Uji Kompetensi dan Sertifikasi  ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk lebih mengefektifkan program-program pembangunan, khususnya di sektor infrastruktur, sekaligus menjaga agar tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku. ”Dengan harapan, program-program pembangunan dapat diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran,” Kegiatan ini mempunyai tujuan, Pertama :  Meningkatkan keterampilan dan keahlian pekerja jasa kontruksi, Kedua : Sertifikasi pekerja kontruksi sebagai syarat bagi pelaksanaan jasa kontruksi orang perorangan dan Ketiga : meningkatkan pemahaman tentang teknologi jasa kontruksi dan profesionalisme pekerja jasa kontruksi. ucapnya

Untuk itu Menurut Bupati, bagi pekerja jasa konstruksi harus memiliki sertifikasi keahlian atau keterampilan yang betul-betul dapat diandalkan, hal ini sejalan dengan amanat undang-undang no. 18 tahun 1999 yang menjelaskan bahwa orang perorangan yang dipekerjakan oleh badan usaha jasa konstruksi harus memiliki sertifikasi keahlian atau keterampilan di bidang jasa konstruksi, mengingat pekerja bangunan merupakan tenaga penggerak dan pelaksana utama pada suatu proyek konstruksi serta para pekerjalah yang mewujudkan suatu Desain menjadi kenyataan, sesuai dengan tujuan utama suatu proyek yang sedang dibangun, berdasarkan arahan dari para kontraktor dan mandor sebagai atasannya. dengan demikian, mutlak membutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan  antara kontraktor, pekerja bangunan dengan pengawas lapangan, sehingga akan tercipta iklim kerja yang kondusif dalam pelaksaanaan proyek.  Kegiatan ini akan terus dilakukan karena dapat memberikan bekal pengetahuan bagi para pekerja atau pelaksana pekerjaan jasa konstruksi. Dan diharapkan selain dapat membina sikap mental para pengawas lapangan dan pekerja atau pelaksana proyek jasa kontruksi yang cerdas, terampil, profesional dan proporsional sesuai bidangnya masing-masing sekaligus tetap ada dalam koridor aturan dan hukum yang berlaku. semua ini merupakan langkah konkrit dari pemerintah daerah, dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi program pembangunan yang tepat waktu, tepat sasaran dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat, pungkasnya.

 Perwakilan Pusat Pembinaan Konstruksi Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia, mengatakan, peningkatan pembangunan infrastruktur memiliki dampak positif, khususnya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Departemen PU sendiri telah diberikan tugas untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan diberi alokasi anggaran cukup besar,”Untuk itu, diperlukan adanya SDM konstruksi yang kompeten,” jelasnya.

Atas dasar tersebut, Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas SDM konstruksi tersebut melalui penyelenggaraan pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan. Pelatihan tersebut harus berdasarkan kompetensi, sehingga ke depan para pengelola jasa konstruksi dapat memiliki sertifikasi yang merupakan pengakuan terhadap kemampuan mereka. tambahnya.

Sementara itu, Dalam laporannya Purwadi  mengatakan,  bahwa Uji Kompetensi dan sertifikasi ini diikuti oleh para pengawas dari Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya serta perwakilan 30 Kecamatan.(News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama