» » AYO, JELAJAHI WISATA AGRO DI JAWA BARAT ( II )

JALAN-jalan di Jawa Barat, jangan cuma pergi pusat perbelanjaan. Kota ini menyimpan banyak wisata Agro menarik ilmu pelajaran tentang alam.

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip buku Informasi Pariwisata Nusantara dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas berada di bawah pengelolaan PTP Nusantara VIII. Menempati lokasi ratusan hektare ini merupakan sarana obyek wisata yang terletak di jalan raya puncak, cisarua, Bogor ini memang sangat strategis. Karena berada di jalur anatar puncak dan cianjur. Selain tea walk, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya. Diantaranya adalah menunggang kuda mengelilingi area sekitar, tempat permainan anak-anak, aneka warna penjual makanan dan sayuran khas wilayah puncak. Seperti tersedia wortel segar, daun sawi, sayur lobak, ubi cilembu, jagung, alpukat, manggis, dan lain-lain.

Perkebunan Teh Malabar

Kawasan Agrowisata PT. Perkebunan Nusantara VIII Mlabar ini terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Alam pengunungan dengan udara yang sangat sejuk dapat dinikmati oleh keluarga atau siapa pun yang berkunjung.

Di dalam kawasan ini ada beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi. Seperti nuansa tempo dulu sangat terasa disini, ditambah pula adanya bangunan kuno warisan masa kolonial seperti guest house, perumahan administrator, karyawan perkebunan, pabrik-pabrik teh, taman-taman dan jalan-jalannya dengan gaya asitektur masa kolonial yang sampai kini masih dirawat  dengan baik oleh para ahli warisnya.

Selain itu disini juga terdapat moseleum atau makam Karel Albert Rudolf Bosscha (pendiri observastorium Bosscha yang ada di Lembang, yang terletak di tengah-tengah kebun teh.

Tanaman Obat Karyasari
Daerah ini merupakan perbukitan dengan cuaca dingin di kaki Gunung Sanggabuana. Kebun ini terletak di 30 km sebelah barat Bogor dan dapat dicapai dalam waktu 2-2,5 jam dari Jakarta. Di sini terdapat obyek wisata edukatif untuk mengenal dan mempelajari 550 jenis tanaman obat dalam kebun bibit dengan lingkungan kebun dan kebun koleksi dengan lingkungan hutan

Kebun Strawberry Ciwidey


Kebun Strawberry merupakan produk agrowisata unggulan kabupaten Bandung. Khusunya di daerah Ciwidey. Daerah ini terdapat banyak sekali kebun strawberry tradisional sampai dengan pengolahan professional.

Disana wisatawan dapat bebas memilih kebun mana yang disenangi dan memetik sendiri langsung. Selain di Ciwidey, kebun Strawberry juga dapat ditemui di Lembang.


(http://travel.okezone.com/read/2012/05/19/408/631997/ayo-jelajahi-wisata-agro-di-jawa-barat-ii)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama