» » PAHLAWAN CILIK MUSIK ERA 90-an

Banyak kalangan menganggap anak Indonesia yang besar pada era 90-an adalah orang yang beruntung. Di era tersebut anak-anak seolah dibiasakan dengan segala sesuatu yang mendidik, seperti permainan tradisional yang jarang ditemui saat ini.

Selain itu, mereka boleh berbangga karena dibesarkan dengan musik yang memang pantas didengarkan oleh telinga seusia mereka. Sebut saja lagu Nyamuk-Nyamuk Nakal milik Enno Lerian atau Si Lumba-Lumba dari Bondan Prakoso.

Perbedaan jelas terasa bila kita melihat yang terjadi dewasa ini. Entah disengaja atau tidak, mulut anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar sudah fasih menyanyikan lagu-lagu dengan lirik cinta dan perselingkuhan. Beberapa orang tua sudah berusaha menghindarkan telinga anak mereka dari 'virus' tersebut. Namun apa daya, tontonan video lagu-lagu tersebut ternyata sangat mendominasi pada jam-jam strategis di televisi.

Untuk mengenang kejayaan musik anak-anak di era 90-an, kali ini bakalan mengulas beberapa penyanyi cilik tersebut. Siapa Saja?

1. Bondan Prakoso

Lagu Si Lumba-Lumba Bondan Prakoso begitu fenomenal di pertengahan tahun 90-an. Bondan seolah menjadi ikon utama penyanyi anak laki-laki pada saat itu. Sebuah kebanggaan bagi anak-anak Indonesia bila bisa menghafalkan lirik, terlebih memiliki kaset album Bondan Prakoso.

Mengetahui lagu-lagunya diterima dengan baik oleh masyarakat, manajemen Bondan Prakoso pun meresponnya. Show Bondan Prakoso pun digelar di beberapa kota, lengkap dengan sirkus lumba-lumbanya.

Bondan kini tentu sudah dewasa. Masih bergelut dengan musik, saat ini ia lebih akrab dengan bass di lengannya. Dan tentu saja ia tidak lagi menyanyikan lagu Si Lumba-Lumba.

2. Eno Lerian

Bila Bondan Prakoso dianggap sebagai ikon penyanyi cilik laki-laki, nah bisa jadi Enno Lerian adalah ikon penyanyi cilik wanitanya. Enno tidak hanya sukses dengan satu atau dua lagu. Beberapa lagu mampu ia populerkan hingga akrab di telinga anak-anak seusianya.

Lagu-lagu Enno yang populer saat itu adalah Du Di Dam, Nyamuk-Nyamuk Nakal, Semua Ada Di Sini dan lain-lain.  Enno terus melanjutkan karir bernyanyinya hingga menelurkan 7 album. Selain itu, Enno juga dikenal sebagai bintang sinetron seperti DERU DEBU, BINTANG RUMAH SUSUN dan lain-lain.

3. Trio Kwek Kwek

Walau sudah lama tidak mengeluarkan single atau album, nama trio ini masih sering diucapkan oleh para remaja. Entah sebagai bahan ledekan ataupun sekedar mengingat masa kecil mereka.

Trio beranggotakan Alfandy, Dhea Ananda dan Leony ini sukses mempopulerkan lagu-lagu seperti Ku Takut Mamaku Marah atau Katanya. Dhea dan Leony sendiri hingga saat ini masih sering menghiasi layar kaca, sedangkan Alfandy tidak diketahui kabarnya.

4. Susan Dan Ria Enes

Boneka Susan yang dihidupkan oleh Ria Enes benar-benar populer di era 90-an. Ria sukses menciptakan karakter centil, cerewet dan cerdas pada Susan. Ia mulai menggebrak pasar lagu anak-anak pada 1991 dengan album SI KODOK.

Lagu-lagu yang sukses dibawakan kolaborasi ini adalah Susan Punya Cita-Cita, Ada Kodok dan lain-lain. Ria terus eksis dengan karya-karyanya hingga merilis 12 album dalam kurun waktu 1991 hingga 2004. 

5. Joshua

Selain Bondan Prakoso, Joshua merupakan penyanyi cilik laki-laki yang sangat populer pada era tersebut. lewat lagu-lagunya seperti Cit Cit Cuit, Air (Diobok-Obok) dan Lonjak-Lonjak, nama Joshua terus melejit.

Joshua mengawali karirnya pada tahun 1996 dengan lagu Cit Cit Cuit. Karirnya kian menanjak saat membawakan lagu Air (Diobok-Obok) pada tahun 1998.

Joshua terus melanjutkan karirnya sebagai entertaint di usianya yang menginjak remaja. Beberapa film yang dibintanginya adalah SANG PENCERAH, TENDANGAN DARI LANGIT dan 3 POCONG IDIOT. 

6. Agens Monica

Sudah jadi rahasia umum bila Agnes Monica mengawali karir gemilangnya sebagai penyanyi cilik. Agnes kecil merilis album pertamanya pada tahun 1992 dengan tajuk MEONG. Nama Agnes kian melambung lewat album keduanya, YESS!, yang dirilis pada tahun 1995.

Di albumnya bersama Eza Yayang tersebut, Agnes meraih penghargaan setelah album tersebut dinobatkan sebagai Album Anak-Anak Terbaik pada tahun 1999. Satu lagi album yang sempat dirilis oleh Agnes cilik adalah BALA-BALA yang dirilis pada 1996.

(http://musik.kapanlagi.com/resensi/chill-out/pahlawan-cilik-musik-era-90-an.html)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama