» » TIPS MENCEGAH PENCULIKAN ANAK

Masih inget dibenak kita, belakangan ini sering terjadi penculikan terhadap anak. Penculikan pada anak bisa dilakukan oleh orang yang dikenal oleh anak maupun oleh orang asing.

Penculikan biasanya terjadi dikarenakan ada kelengahan dari orang tua atau pengasuh anak. Oleh karena itu anak harus diberikan pengertian dan pengetahuan untuk mencegah terjadinya penculikan terhadap anak baik itu anak sendiri atau saudara kita.

Berikut ini tips menghindari penculikan pada anak :

Waspada. 
 
Ingatkan kepada anak untuk selalu waspada terhadap orang yang belum dikenal. Ajarkan kepada anak untuk menolak jika diberikan hadiah, makanan atau diajak oleh orang lain yang tidak dikenal. Kalau perlu ajarkan anak untuk tidak berbicara dengan orang asing yang tidak dikenal.


Komunikasi dengan sekolah.
 
Tetap lakukan komunikasi dengan sekolah, anda harus mengetahui kapan waktu sekolah masuk dan keluar. Orang tua juga harus tau siap nanti yang mengantar jemput anak. Jika anak pulang sendiri, ajarkan untuk waspada kepada orang lain.


Berikan informasi kepada anak.
 
Berikan informasi lengkap kepada anak untuk mengatasi saat anak terpisah dengan orang tua. Berikan informasi nama orangtua, alamat rumah dan nomor telepon orang tua atau telepon rumah. Ajarkan pada anak agar tidak sembarang memberikan informasi tersebut kepada orang lain yang tidak dikenal untuk mencegah agar tidak disalah gunakan.


Jangan menggunakan perhiasan dan barang berharga. 
 
Sebaiknya anak tidak memakai perhiasan saat diluar rumah. Anak juga tidak perlu diberikan barang berharga seperti ponsel mahal atau blackbery saat berjalan sendiri diluar rumah.


Berteriak.
 
Ajarkan pada anak untuk berteriak minta tolong sekeras-kerasnya dan berlari ketempat warga jika ada yang memaksa ikut.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama