» » BUPATI ADE SWARA BUKA KEJUARAAN PENCAKSILAT BUPATI CUP IX 2012

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas dan membina bibit atlit pencak silat di Kab. Karawang, Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Pengcab IPSI) Kabupaten Karawang menggelar kejuaran Pencak Silat Bupati Cup XI Tahun 2012, Selasa (10/7). Kegiatan yang berlangsung di gedung Sport Hall Adiarsa, Karawang tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara.
Kejuaraan tersebut diikuti oleh sekitar 319 satria dan pendekar silat dari 23 perguruan pencak silat yang ada di Kab Karawang. Kejuaraan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu ketegori Remaja yang diikuti oleh 157 peserta dengan 86 putra dan 77 putri, serta kategori dewasa yang diikuti oleh 138 peserta dengan 98 putra dan 40 putri. Selain itu, terdapat pula nomor olahraga lain yaitu seni TGR yang diikuti oleh 24 peserta.
Bupati Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengatakan, jajaran Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pengcab IPSI Kab. Karawang yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini dengan baik. “Selain itu, apresiasi yang sama juga saya haturkan kepada seluruh satria dan pendekar yang mengikuti kejuaraan ini guna mencapai prestasi tertinggi,” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati yang juga pernah menjadi atlit pencak silat nasional puluhan tahun lalu mengatakan, kejuaraan ini merupakan awal yang baik bagi perkembangan dunia persilatan Karawang di masa yang akan datang. Karena melalui kejuaraan ini, para satria dan pendekar muda akan memberikan yang terbaik dan bersaing secara sehat guna meraih prestasi tinggi sebagai juara. “Kejuaraan ini tentunya merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan kualitas Pencak Silat di Kab. Karawang,” jelasnya.
Dalam pencak silat, lanjut Bupati, tidak hanya mengedepankan aktifitas fisik saja, melainkan juga tertanam aktifitas pembinaan rohani, karena sehat jasmani perlu diikuti pula kondisi rohani yang sehat. “Bisa dibayangkan apabila seorang atlet beladiri yang hebat tapi tidak diimbangi oleh rohani yang baik, maka orang tersebut akan sangat berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan bencana bagi orang-orang di sekitarnya,” tuturnya.
Di sisi lain, Bupati Ade Swara menilai bahwa kejuaraan ini akan memberikan peluang bagi kontingen Kab. Karawang untuk bisa berprestasi dan mendulang medali di kejuaraan-kejuaraan lain. Terlebih diantara para peserta kejuaraan ini ada yang telah mampu meraih emas di kejuaraan tingkat propinsi dan nasional. “Untuk itu, sekali lagi saya menyampaikan apresiasi kepada para pihak panitia maupun peserta kegiatan ini, yang terus berupaya untuk mengembangkan Pencak Silat di Kab. Karawang,” imbuhnya.
Ketua KONI Kab. Karawang, Aries Suparno  mengatakan pada POPDA beberapa waktu lalu, Kab. Karawang berhasil menduduki ranking keenam dengan merebut 14 medali emas, 11 perak, dan 11 perunggu. Hal ini merupakan prestasi dan kemajuan yang signifikan, karena pada tahun sebelumnya, Kab. Karawang hanya mampu menempati posisi ke-24.  Yang lebih membanggakan lagi bahwa para atlit tersebut merupakan para atlit binaan dari program Karawang Unggul,” jelasnya.
KONI Karawang sendiri, lanjut Aries, senantiasa memberikan perhatian dan apresiasi kepada para atlit yang memiliki prestasi. Termasuk diantaranya adalah dengan mengirimkan mereka ke berbagai kejuaraan, tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional, seperti ke Makau dan Malaysia. “Keberhasilan KONI ini tentunya tidak terlepas dari kepedulian bapak Bupati Ade Swara kepada dunia olahraga di Kab. Karawang,” imbuhnya.
Ketua Pengcab IPSI Karawang, Sony Hersona mengatakan bahwa pihaknya dengan segala keterbatasan yang ada telah mampu menyelenggarakan kembali kejuaraan ini sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Terlebih pada tahun sebelumnya, kejuaraan ini tidak dapat dilaksanakan. Padahal pencak silat memiliki potensi yang sangat luar biasa, dimana hingga saat ini di Kab. Karawang telah terdapat 10.000 satria dan pendekar silat. (News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama