» » GIATKAN REVITALISASI KELUARGA BERENCANA, TIM PENGGERAK PKK, BKBPP, DAN AFP KERJASAMA LAKUKAN SOSIALISASI

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Sebagai salah satu langkah awal untuk menggiatkan dan merevitalisasi kembali program keluarga berencana, Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP), dan Advance Family Project (AFP) menggelar kegiatan Sosialisasi Kelompok Kerja Advokasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (AKKB) di Ruang Serbaguna RM. Alam Sari Karawang, Selasa (3/7).
Kegiatan yang  dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang, Hj. Nurlatifah Swara, Kepala BKBPP, dr. Asep Hidayat Lukman, serta Ketua Sekretariat AFP Indonesia, Mayun Pudja tersebut, berlangsung cukup menarik. Dialog dua arah antara nara sumber maupun para peserta pun terjalin dengan baik, dan menunjukkan bahwa baik nara sumber maupun peserta sepakat bahwa program KB sangat vital dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Hj. Nurlatifah dalam sambutannya mengatakan bahwa program keluarga berencana yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 1970 sampai saat ini masih relevan untuk terus dikembangkan. Hal ini karena program KB terbukti efektif mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta mampu meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. “Karena itu program ini menjadi andalan pemerintah yang harus mendapatkan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang potensial melalui pendekatan keluarga yang berkualitas baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun sosial budaya,” ujarnya. 
Lebih lanjut Hj. Nurlatifah menjelaskan bahwa berbagai keberhasilan telah diraih dalam program kb ini yang antara lain tercermin melalui terkendalinya angka laju pertumbuhan penduduk maupun angka kelahiran serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat khususnya pasangan usia subur untuk menjadi peserta kb aktif. Keberhasilan ini tentu harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan guna mendukung sasaran program pembangunan kependudukan secara umum dan keberhasilan ini lebih lanjut diharapkan akan menjadi landasan  dalam pengembangan sumber daya manusia yang potensial dan kompetitif.
Hj. Nurlatifah melanjutkan, Tim Penggerak PKK dan BKBPP Kab. Karawang merupakan mitra kerja, yang secara bersama-sama terus berupaya untuk menurunkan angka kelahiran dan mengantisipasi ledakan penduduk, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karawang. “Hal ini salah satunya dilandasi bahwa visi dan misi Tim Penggerak PKK memiliki kesamaan dengan visi dan misi BKBPP,” jelasnya seraya berharap agar keberadaan kelompok kerja AKKB ini dapat semakin meningkatkan, mengakselerasi, dan merevitalisasi program KB.
Kaitan dalam upaya mengantisipasi ledakan penduduk, Hj. Nurlatifah menilai bahwa kenaikan jumlah penduduk yang cukup pesat di Kab. Karawang lebih disebabkan oleh meningkatnya arus perpindahan penduduk ke Karawang sebagai dampak penetapan Karawang sebagai daerah industri. “Oleh karena itu, untuk mengantisipasi ledakan penduduk tersebut adalah dengan mengurangi migrasi penduduk, yang salah satunya adalah dengan memprioritaskan penduduk asli Karawang sebagai tenaga kerja,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala BKBPP Asep Hidayat Lukman, menjelaskan bahwa Kelompok Kerja AKKB ini telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Karawang. Kelompok kerja tersebut dibentuk dalam rangka merevitalisasi program keluarga berencana dan program sosial lainnya yang berada didalamnya. KB sendiri sebelumnya sangat identik hanya sebatas pada program kontrasepsi saja, padahal program KB tidak hanya itu, dan KB pun sangat berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan IPM Kab. Karawang. (News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama