» » KARAWANG AKAN DIKEMBANGKAN MENJADI KABUPATEN LAYAK ANAK

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Menimbang bahwa anak merupakan sebagai generasi penerus bangsa sekaligus investasi sumber daya manusia di masa sekarang dan masa yang akan datang, Pemerintah Kabupaten Karawang semakin serius melangkah untuk mengembangkan Karawang sebagai Kabupaten Layak Anak. Upaya tersebut terlihat saat pertemuan antara Bupati Karawang, H. Ade Swara dengan Direktur Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N. Rosalin.
Dalam pertemuan yang digelar di Gedung Singaperbangsa Lt. II, Pemda Karawang, Rabu (11/7) tersebut, Bupati Ade Swara turut didampingi oleh para pejabat daerah dari Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, serta sejumlah pejabat dinas terkait lainnya. Hal ini karena Pemerintah Kab. Karawang berupaya mengembangkan Kabupaten Layak Anak tidak secara parsial, melainkan sinergis dengan pembangunan di segala bidang.
Bupati Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengatakan, pengembangan Karawang sebagai Kota Layak Anak bertujuan untuk membangun sebuah sistem pembangunan anak yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan di Kabupaten Karawang dengan mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, sehingga pemenuhan hak-hak anak di dapat lebih dipastikan.
Selain itu, lanjut Bupati, sumberdaya manusia unggul di masa depan tidak tercipta dengan sendirinya. SDM berkualitas harus dipersiapkan secara khusus melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhinya hak-hak anak. “Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi,” jelasnya.
Untuk itu, Bupati Ade Swara mengajak semua kalangan, baik pemerintah, aparat hukum, pihak berwajib, lembaga sosial masyarakat, lembaga swasta, maupun masyarakat itu sendiri, untuk turut meningkatkan kepeduliannya terhadap permasalahan yang menimpa anak-anak melalui berbagai upaya pemberdayaan yang diharapkan akan turut mendukung mereka dalam mengatasi berbagai permasalahan hidupnya. “Tentunya dengan pendekatan lintas sektoral, terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan, sehingga Kabupaten Layak Anak di Karawang dapat segera terwujud,” tambahnya.
Direktur Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N. Rosalin, mengatakan bahwa melalui pertemuan ini, pihaknya dapat berharap dapat saling sharing mengenai bagaimana agar Karawang dapat segera menjadi Kabupaten Layak anak. Kabupaten Layak Anak sendiri merupakan instruksi langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dipantau secara langsung oleh Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan yang dipimpin Kuntoro Mangkusubroto.
Lenny N. Rosalin melanjutkan bahwa setiap kabupaten/kota di Indonesia puya permasalahan yang sama, dimana sedikitnya 1/3 jumlah penduduk merupakan anak-anak. Kondisi ini tentunya perlu diperhatikan secara serius karena bila generasi muda tidak berkualitas, maka mereka akan menjadi beban pembangunan. Kabupaten Layak Anak sendiri telah diinisiasi sejak tahun 2006, dan di Kabupaten Karawang sendiri Kabupaten Layak Anak telah diinisiasi sejak tahun 2007. (News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama