» » TINDAKLANJUTI ALIH STATUS MENJADI NEGERI KOMISI E DPRD JAWA BARAT KUNJUNGI UNSIKA

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Guna menindak lanjuti proses alih status Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi swasta, rombongan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Unsika, Kamis (5/7). Kedatangan rombongan Komisi E DPRD Jawa Barat tersebut diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dan Rektor Unsika, Harun Firdaus di Aula Gedung Rektorat Unsika.
Ketua Komisi E Prov. Jawa Barat, Didin Supriadin dalam kesempatan tersebut mengatakan, kunjungan komisinya ke Unsika adalah untuk melihat secara langsung kondisi dan sejauhmana proses alih status Unsika, dari universitas swasta menjadi universitas negeri, terlebih di Jawa Barat sendiri saat ini telah memiliki cukup banyak perguruan tinggi negeri. Namun demikian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat untuk bersama-sama menambah jumlah perguruan tinggi negeri di Jawa Barat. "Saat ini terdapat beberapa perguruan tinggi yang sedang dalam proses alih status, yaitu Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Universitas Sunan Gunung Jati Cirebon, dan Universitas Singaperbangsa Karawang," ujarnya.
Lebih lanjut Didin mengatakan, pihaknya terus mendorong proses alih status universitas-universitas tersebut, dan Unsika sendirimerupakan universitas yang memiliki progres terbaik dan paling siap untuk menjadi universitas negeri dibandingkan universitas lainnya. "Proses alih status Unsika telah dimulai sejak beberapa tahun lalu, dan bahkan pada tahun 2010 Pemprov Jawa Barat pernah mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan, meskipun tidak sempat digunakan dan menjadi Silpa pada APBD" ujarnya.
Namun demikian, lanjut Didin, Unsika saat ini telah memiliki 20 hektar lahan dengan biaya mencapai Rp. 30 milyar. Pihak Komisi E DPRD Jawa Barat sendiri akan teru berupaya membantu secara optimal, terlebih di komisi tersebut terdapat cukup banyak anggota yang juga masuk dalam Badan Anggaran (Banggar) DPRD. "Kami punya mendorong percepatan proses alih status Unsika lebih cepat," tambahnya.
Senada dengan Ketua Komisi E Prov. Jawa Barat, Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan bahwa Pemerintah Daerah terus berupaya memfasilitasi proses alih status Unsika menjadi universitas negeri. Terlebih, saat ini Unsika telah menjadi universitas ternama dan semakin diminati masyarakat. "Untuk itu, pada kesempatan ini diharapkan dapt ditemukan solusi guna mengatasi kendala-kendala yang ada, dan mudah-mudahan proses alih status Unsika dapat diselesaikan pada tahun 2013," ujarnya.
Sementara itu, Rektor Unsika, Harun Firdaus menjelaskan bahwa proses alih status Unsika menjadi universitas negeri, Insya Allah tidak akan ada hambatan yang cukup berarti. Salah satu hal yang menjadi kendala adalah di Unsika masih terdapat aset yang masih tercatat sebagai aset pemerintah daerah. Aset tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah pada jaman orde baru. Namun demikian, permasalahan tersebut akan selesai pada saat penyerahan aset ke Pemerintah Pusat. (News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama