» » BUPATI ADE SWARA PIMPIN APEL GELAR PASUKAN KETUPAT LEBARAN 2012

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Sebagai salah satu upaya menjamin keamanan dan ketertiban wilayah selama masa perayaan Idul Fitri 1433 Hijriah, Bupati Karawang, H. Ade Swara memimpin secara langsung upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2012, Jumat (10/8). Upacara yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan Karawang tersebut diikuti oleh ratusan personil dari berbagai unsur seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, PMI, serta pramuka dan komponen masyarakat lainnya.
Bupati Ade Swara dalam sambutannya mengatakan, tradisi mudik lebaran sebagai agenda tahunan menjelang hari raya idul fitri yang dilaksanakan oleh masyarakat kita, telah berimplikasi terhadap meningkatnya aktifitas serta mobilitas manusia dan barang dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan, telah berdampak pada peningkatan dinamika potensi gangguan kamtibmas dan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang harus kita kelola dengan baik.
Bupati melanjutkan, bahwa sesuai hasil analisis data pada tahun lalu, diperkirakan jumlah masyarakat yang akan mudik meningkat. Meningkatnya masyarakat pemudik dalam jumlah yang sangat besar tersebut, telah menimbulkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.
Menurut Bupati, selain permasalahan lalu lintas sebagaimana tersebut diatas, situasi pada saat menjelang hari raya juga berpotensi meningkatkan gangguan kriminalitas, baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga perlu mendapat perhatian kita bersama. Begitu juga dengan potensi aksi anarkisme dan terorisme yang masih menjadi ancaman yang perlu mendapatkan atensi kita semua. “Menghadapi dinamika yang seperti itu, tentu menuntut tampilan kinerja polri lebih optimal untuk bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait lainnya,” imbuhnya.
Bupati menuturkan bahwa  guna lebih memberi arah dalam pengambilan keputusan yang dapat diintegrasikan dengan strategi pada pelaksanaan operasi ketupat 2012 ini, polri telah menentukan target operasi yang harus dicapai sebagai indikator keberhasilah kegiatan, yaitu : kelancaran lalu lintas, penurunan angka kecelakaan, penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, terciptanya kondisi kamtibmas yang kondusif serta kesiapan mengantisipasi terorisme.
Guna lebih mengoptimalkan pengamanan operasi ketupat tahun 2012 ini, lanjut Bupati, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pasukan pengamanan, yaitu: siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, dan hindari sikap yang arogan;                bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum; tempatkan pos pengamanan dan pos pelayanan serta penggelaran kekuatan secara tepat pada titik-titik rawan ; melakukan deteksi dini intelijen, sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin;  
Hal lain yang harus diperhatikan pula adalah dengan menjalin kerjasama yang harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat; memberdayakan sarana dan prasarana semaksimal mungkin untuk memantau arus lalu lintas, khususnya pada situasi darurat; meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi teror yang memanfaatkan momen perayaan idul fitri, khususnya kepada wilayah yang memiliki kerawanan terorisme; mewaspadai maraknya aksi tawuran antar warga atau kelompok, sweeping atau razia tempat hiburan, warung/toko secara ilegal oleh kelompok atau ormas tertentu; serta melakukan tindakan penegakkan hukum terhadap para pelaku penyelewengan distribusi bbm, penimbunan sembako serta peredaran petasan. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama