» » RATUSAN JAMAAH NU KARAWANG HADIRI HAUL KH HASYIM ASYARI DAN SYUHADA BADAR

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Para Kyai dan Ulama serta ratusan Jamaah Nahdalatul Ulama (NU) dari berbagai wilayah di Kabupaten Karawang memadati areal halaman Rumah Dinas Bupati Karawang, Kamis malam (2/8). Mereka hadir dalam rangka memperingati haul pendiri NU, KH. Hasyim Asyari dan haul para Syuhada Badar yang diselenggarakan oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara dan pengurus NU Kabupaten Karawang.
Ratusan jamaah NU tersebut telah mulai berdatangan usai shalat tarawih atau sekitar pukul 21.00 WIB, meskipun acara sendiri baru akan dimulai pada sekitar pukul 22.00 WIB. Sejumlah kyai dan ulama besar Kabupaten Karawang terlihat hadir dalam kesempatan tersebut, dimana salah satunya adalah KH. Hasan Nuri Hidayatullah atau lebih dikenal sebagai Gus Hasan, yang merupakan Rois Syuriah NU Kabupaten Karawang.
Bupati Karawang, H. Ade Swara dalam sambutannya mengatakan, pada tanggal 17 ramadhan, dua tahun setelah hijrah rasulullah dan kaum muslimin ke kota madinah, telah terjadi pertempuran sengit antara kaum muslimin dengan kaum quraisy. Dalam pertempuran tersebut, atas berkah dan rahmat Allah SWT, kaum muslimin yang berjumlah kurang lebih 300 orang mampu menaklukkan pasukan kaum quraisy yang berjumlah 1.000 orang. Namun demikian, tidak sedikit dari golongan kaum muslimin yang gugur dan menjadi syuhada dalam pertempuran tersebut, demi memperjuangkan agama dan syiar Islam.
Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa sejarah perang badar antara kaum muslimin dan kaum quraisy tersebut secara tidak langsung telah memberikan jalan lapang bagi syiar Islam di dunia, termasuk di Indonesia. Perkembangan syiar Islam tersebut telah melahirkan ulama-ulama besar di dunia, termasuk di Indonesia, yang salah satunya adalah almarhum K.H. Hasyim Asyari.
Bupati melanjutkan, beliau merupakan salah satu ulama besar di Indonesia dan pendiri pondok pesantren tebu ireng jombang, yang juga merupakan pendiri Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi besar yang mempunyai visi untuk menegakkan ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat melalui prinsip Ahlussunah Wal Jamaah. Sebagaimana para syuhada badar, beliau semasa hidupnya pun terus secara konsisten memperjuangkan agama dan syiar Islam di Indonesia.
Untuk itu, melalui kegiatan ini, Bupati mengajak seluruh kaum muslimin, khususnya di mereka yang berada di Kabupaten Karawang untuk dapat mengenang kembali, sekaligus meresapi hikmah yang terkandung dalam perjuangan para syuhada badar dan K.H. Hasyim Asyari, dan menjadikannya sebagai contoh bagi kita untuk memanfaatkan nikmat hidup yang telah diberikan Allah SWT kepada kita di dunia ini.
Bupati melanjutkan, terdapat manfaat lain dengan diselenggarakannya kegiatan ini, yaitu berkumpulnya para kyai, ulama dan kaum muslimin lainnya untuk bersilaturahmi dalam upaya mempererat rasa kekeluargaan (ukhuwah). Salah satu ajaran yang berharga yang diberikan oleh almarhum K.H. Hasyim Asyari, adalah kewajiban untuk memperdalam ilmu agama Islam dan ilmu untuk kepentingan hidup di dunia, memperbanyak amal ibadah kepada Allah SWT serta amal sholeh yang bermanfaat bagi kepentingan ummat manusia.
Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, Bupati mengajak para kyai dan ulama dan seluruh kaum muslimin untuk secara bersama-sama meneruskan perjuangan K.H. Hasyim Asyari dan para syuhada badar guna mewujudkan keshalehan sosial, baik secara individual maupun secara kolektif, karena tanggung jawab membangun bangsa bukan merupakan tanggung jawab pemerintah semata, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama. “Mudah-mudahan melalui kegiatan haul dan silaturahmi para kyai dan ulama ini dapat membangkitkan semangat kita untuk membangun Kabupaten karawang yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur,” ujarnya.(News ADS Radio, Cikampek)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama