» » BUPATI ADE SWARA BUKA LOKAKARYA PENDIDIKAN DI JATILUHUR

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Bupati Karawang, H. Ade Swara secara resmi membuka kegiatan Lokakarya Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang, Jumat (19/10). Kegiatan yang bertema “Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan di Kabupaten Karawang,” tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Grha Vidya, Jatiluhur, Kab. Purwakarta.
Bupati Ade Swara dalam sambutannya mengatakan, bahwa pendidikan merupakan sektor penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa, untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan ke arah yang lebih baik, dimana seyogyanya penyelenggaraan pendidikan harus mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Atas dasar tersebut, kebijakan pembangunan pendidikan di Kabupaten Karawang telah digariskan dalam misi pembangunan Kabupaten Karawang, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif. “Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka mencapai sasaran pembangunan bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Karawang telah menetapkan arah dan kebijakan yang merupakan prioritas program pembangunan pendidikan,” jelasnya.
Bupati Ade Swara meyakini bahwa arah kebijakan Pemerintah Daerah dalam bidang pendidikan tersebut, sesungguhnya merupakan suatu sinergi yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Namun demikian, dalam implementasinya bukanlah hal yang mudah dilaksanakan, mengingat upaya perwujudan semua kebijakan di atas, menuntut dukungan dari semua pihak, baik lembaga sosial kemasyarakatan, pihak-pihak swasta lainnya, maupun masyarakat secara keseluruhan.
Untuk itu, dirinya menyambut baik kegiatan lokakarya ini. Hal ini karena kegiatan lokakarya ini dapat menghasilkan satu pemahaman dan komitmen yang kuat dari Pemerintah, masyarakat dan orang tua untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan di Kabupaten Karawang. Hal ini perlu saya tegaskan bahwa dalam  penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan diperlukan kemampuan, dan dukungan dari berbagai elemen lembaga pendidikan untuk mewujudkan pertumbuhan, perubahan, pembaharuan dan kelangsungannya secara simultan dan terus menerus,” tegasnya.
 Dalam pelaksanaannya, upaya tersebut tentunya meliputi perubahan sistem pendidikan, pembaharuan kurikulum berupa penyusunan dan diversifikasi, yang berlaku nasional dan lokal sesuai dengan kepentingan daerah masing-masing perubahan tersebut secara paralel akan berimplikasi kepada perubahan perspektif dalam pembangunan pendidikan. “Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan akademik, profesionalisme yang berdasarkan aspek moral dan kedisiplinan, berdedikasi tinggi serta kompetisi secara transparan,” imbuhnya.
Oleh karena itu, Bupati berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh insan dan komunitas pendidikan di Kab. Karawang, sebagai wacana dan sarana opini masyarakat dalam bidang pendidikan. “Yang selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai masukan bagi pihak Pemerintah daerah, demi keberlangsungan dan peningkatan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Karawang,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Karawang, Agus Supriatman menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya oleh 194 orang, yang terdiri dari unsur Dewan Pendidikan, Disdikpora, Pengawas SD, PGRi, BMPS, MKKS SMA, SMP, dan SMK, unsur Forum Komita SD, SMP, SMA/SMK, UPTD Padud dan SD, serta para penilik. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat teridentifikasi berbagai permasalahan dan tercipta rumusan-rumusan pendidikan di Kab. Karawang untuk kemudian dijadikan sebagai bahan masukan kepada Pemerintah Daerah,” tambahnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama