» » BUPATI KARAWANG HADIRI PELANTIKAN DPD LPM KABUPATEN KARAWANG PERIODE 2011-2016

Karawang (News ADS Radio, Cikampek). Sebagai salah satu upaya  Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di dalam wadah negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendali pembangunan Meningkatnya kemampuan masyarakat sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) serta untuk mengolah dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA)  Meningkatnya ekonomi kerakyatan, DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarat Kabupaten Karawang hari ini, Rabu (17/10) resmi dilantik oleh Ketua LPM Provinsi Jawa Barat yang juga disaksikan oleh Bupati Karawang H. Ade Swara di Aula Husni Hamid Pemda Karawang.

Dalam sambutannya Bupati Karawang mengatakan bahwa  Kewajiban Pemerintah Daerah yang diamanatkan undang-undang adalah melakukan iktiar pemberdayaan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, demi tercapainya sumber daya manusia mandiri dan berkualitas, yang mampu menggerakan potensi pembangunan menuju tatanan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur. Pemberdayaan masyarakat mau tidak mau harus merupakan sebuah upaya yang terus menerus, mengingat dinamika kehidupan semakin berkembang dari waktu ke waktu.
untuk itu, menurut Bupati melalui kegiatan ini mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang konkrit bagi perkembangan dan kemajuan pembangunan masyarakat perdesaan yang berguna bagi peningkatan tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dan yang terpenting saudara harus dapat mempertangung jawabkan amanah ini, sehingga mampu membawa kemakmuran bagi daerah. Ungkapnya

selain itu, masih menurut Bupati bahwa Pelantikan pengurus DPD LPM Kabupaten Karawang, diharapkan dapat mengembangkan program kerja yang berintikan pengembangan wawasan pengurus LPM, agar LMP tumbuh menjadi lembaga yang memiliki kapabilitas tinggi, memiliki kemampuan menyusun kerangka kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mengimplementasikan bidang strategis yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, kemakmuran, lingkungan hidup, seni budaya, olahraga dan agama. imbuhnya

Bupati berpesan kepada pengurus DPD LPM, agar melaksanakan tugas, peran dan fungsinya dengan baik dan profesional terutama untuk tetap memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat perdesaan, karena LPM merupakan lembaga yang berada di tingkat desa dan kelurahan yang seyogyanya lebih dekat kepada masyarakat dan pengurusnya memiliki kharismatik di masyarakat sebagai jembatan kepentingan masyarakat dengan pemerintah atau sebaliknya ke depan LPM dituntut untuk memupuk kesadaran masyarakat, merubah paradigma di masyarakat sebagai subjek pembangunan, sehingga tercipta kondisi masyarakat yang dinamis dalam melaksanakan pembangunan di desanya.  Dan Alhamdulillah di akui atau tidak kami terus melakukan perubahan kearah yang lebih baik, dan  Karawang telah dipercaya oleh Pemerintah Provinsi dan Pusat untuk melakukan Pembangunan disegala bidang salah satunya adalah Pembangunan Sekolah Tinggi Perikanan. Dan Insya Allah kedepan akan dibangun Rumah Sakit Buruh, Pelabuhan dan Bandara. Oleh karenanya mohon dukungan dan doa agar kami terus malakukan Perubahan dan Pembangunan. Pungkasnya.

Ketua LPM Jawa Barat  Tatang Suratis, M.Ap dalam sambutannya mengatakan bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah perubahan nama dan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) sesuai dengan keputusan temu LKMD tingkat nasional tanggal 21 Juli 2001, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat, LPM bertugas Menyusun rencana pembangunan yang berpartisipatif, Menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, Melaksanakan pengedalian pembangunan LPM sebagai mitra kerja Pemerintahan, berfungsi: Penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat desa / kelurahan, Pengkoordinasian perencanaan pembangunan, Sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan, Menggali serta memanfaatkan potensi dan menggerakkanswadaya gotong royong masyarakat untuk pembangunan, sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah dan antar masyarakat itu sendiri, Memberdayakan dan menggerakkan potensi pemuda dalam pembangunan, Mendorong mendirikan dan memberdayakan peran wanita dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, Membangun kerjasama antar lembaga yang ada di masyarakat dalam rangka meningkatkan pembangunan  ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan taraf hidup.News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama