» » GUBERNUR SERAHKAN PENGHARGAAN BHAKTI TNI KB KESEHATAN KE KABUPATEN KARAWANG

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Kabupaten Karawang meraih penghargaan dalam kegiatan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh jajaran Kodam III / Siliwangi. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan kepada Dandim 0604 / Karawang, Letkol. Inf. R. Haryono serta Bupati Karawang, H. Ade Swara saat upacara penutupan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Kodam III / Siliwangi yang di pusatkan di Lapang Karang Pawitan, Karawang, Selasa (20/11).
Penghargaan yang diterima Kab. Karawang tersebut antara lain adalah penghargaan kepada Dandim 0604 / Karawang, Letkol. Inf. R. Haryono sebagai Juara Tingkat Kodim Tahun 2012, sekaligus sebagai Tuan Rumah Penutupan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Tahun 2012, Kodam III / Siliwangi. Selain di tingkat Kodim, Kabupaten Karawang pun menjadi Juara II di tingkat  Koramil, yaitu Koramil 0406 / Cikampek. Atas keberhasilannya tersebut, Kodim 0604 / Karawang dan Koramil 0406 / Cikampek akan menerima piagam penghargaan, hadiah, dan piala.
Selain itu, Bupati Karawang, H. Ade Swara pun turut mendapatkan penghargaan atas partisipasinya dalam mendukung Kodim 0604 / Karawang sebagai Juara I Tingkat Kodim dan Tuan Rumah Penutupan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Tahun 2012, Kodam III / Siliwangi.  Penghargaan serupa pun turut diberikan kepada Camat Cikampek, Camat Tirtamulya dan Camat Kotabaru atas partisipasinya dalam mendukung Koramil 0406 / Cikampek Kodim 0604 / Karawang sebagai Juara II Tingkat Koramil Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Tahun 2012 Kodam III / Siliwangi.
Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan mengatakan bahwa permasalahan dan persoalan kependudukan merupakan bagian penting yang harus diselesaikan oleh Pemerintah di berbagai tingkatan. Hal ini karena penduduk adalah bagian dari Negara yang sangat penting, karena tanpa ada penduduk tidak mungkin ada Negara. “Karena itulah, perkembangan suatu Negara sangat bergantung kepada kualitas penduduknya,” ujarnya.
Gubernur melanjutkan, kondisi inilah yang menjadikan sangat pentingnya pengendalian penduduk. Dengan harapan dapat tercipta generasi yang tidak akan menjadi beban dalam pembangunan di masa yang akan datang. “Hal ini perlu kita sadari bersama, dan sebagaimana slogan yang menjadi andalan saat ini, yaitu dua anak lebih baik, harus dapat menggema di seluruh Jawa Barat,” ujarnya.
Menurut Gubernur, angka laju pertumbuhan penduduk (LPP) Jawa Barat pada tahun 2012 ini mencapai 1,4 persen. Kondisi tersebut turut disumbang sebanyak 0,9 persen dari angka kelahiran, sedangkan sisanya merupakan akibat dari tingginya arus migrasi penduduk dari luar Jawa Barat. “Kondisi ini perlu menjadi perhatian serius, terlebih di Jawa Barat, Karawang dan Bekasi memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi,” tuturnya.
Untuk itu, Gubernur mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah turut bersama-sama Pemerintah untuk menyelenggarakan program keluarga berencana di berbagai sektor. Termasuk diantaranya adalah TNI, Polri, Tim Penggerak PKK, dan lainnya yang telah melaksanakan berbagai program KB dan Kesehatan. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” imbuhnya.
Bupati Karawang, H. Ade Swara menjelaskan bahwa program ini merupakan program lintas sektoral yang disusun dan dilaksanakan secara terpadu oleh Pemerintah Daerah dan unsur TNI, yang juga melibatkan berbagai dinas/intansi terkait serta organisasi sosial masyarakat. Lebih jauh, program ini menjadi salah satu upaya dari TNI bersama Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia di Jawa Barat, termasuk di Kab. Karawang, melalui pelaksanaan program keluarga berencana dan pendewasaan usia perkawinan.
Lebih lanjut Bupati  mengatakan bahwa program Bakti TNI KB Kesehatan Terpadu Kodam III / Siliwangi tahun 2012 yang diselenggarakan di Kab. Karawang telah berjalan dengan baik. “Bahkan berdasarkan data yang kami terima sebelumnya, pencapaian peserta kb baru dan aktif semakin meningkat, serta cakupan pelayanan kesehatan pun menunjukkan grafik peningkatan yang signifikan,” jelasnya.
Namun demikian, lanjut Bupati, terlepas dari keberhasilan tersebut, keberadaan dan peran serta TNI, khususnya jajaran Kodim 0604 / Karawang sejatinya telah memberikan sumbangsih lain juga sangat berharga, yaitu dorongan terhadap suksesnya program pengendalian kependudukan, kesehatan, dan kesejahteraan keluarga di Kab. Karawang.
Sementara itu, Panglima Kodam III / Siliwangi, Mayjen Sonny Widjaja dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan bahwa program ini merupakan kerjasama TNI, BKKBN, Pemerintah Kab/Kota, dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional, khususnya di sektor kependudukan sehingga dapat tercapai dengan baik. Permasalahan kependudukan tersebut banyak dipicu oleh adanya pernikahan usia dini. “Untuk itu, pada kegiatan Bakti TNI KB Kesehatan ini juga disisipkan dengan kegiatan pendewasaan usia perkawinan dan kesehatan ibu anak,” imbuhnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama