» » JADI NARASUMBER SEMINAR WAWASAN KEBANGSAAN IPNU, BUPATI ADE SWARA MINTA GENERASI MUDA BUKTIKAN DIRI MAMPU HADAPI TANTANGAN MASA DEPAN

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Bupati Karawang, H. Ade Swara menjadi nara sumber sekaligus membuka secara langsung kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Karawang, Minggu (11/11). Dalam seminar yang berlangsung di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tersebut, Bupati Ade Swara meminta para generasi muda untuk membuktikan diri bahwa mereka mampu menghadapi tantangan bangsa Indonesia di masa depan.
Lebih lanjut Bupati Ade Swara mengatakan bahwa rasa kebangsaan yang akhir-akhir ini sudah mulai luntur di kalangan masyarakat, khususnya para generasi muda. Oleh karena itu keikutsertaan para generasi muda dalam seminar ini merupakan suatu keharusan, sehingga generasi muda saat ini dapat lebih memahami dan menghayati arti Wawasan Kebangsaan, “Sehingga mereka mampu membuktikan dirinya sebagai kekuatan yang tangguh dalam menjawab tantangan masa depan yang semakin berat dan kompleks,” ujarnya.
Bupati melanjutkan, Kebangkitan Nasional merupakan tonggak sejarah gerakan perjuangan kebangsaan yang diprakarsai oleh sejumlah tokoh pemuda pada saat itu yang dipimpin oleh dr. Wahidin Sudiro Husodo melalui organisasi Boedi Oetomo. Saat itu, mereka hadir sebagai sebuah kekuatan untuk berbicara secara moral dan intelektual tentang persatuan dan kesatuan dan potensi anak bangsa guna membebaskan diri dari belenggu penjajahan,” jelasnya.
Menurut Bupati, pergerakan nasional Boedi Oetomo telah memberikan dorongan kepada para tokoh pergerakan indonesia lainnya saat itu, untuk lebih memupuk semangat kebersamaan dan semangat untuk bersatu. Dorongan ini lahir, karena adanya kesadaran bahwa sebagai bangsa yang majemuk, nilai-nilai persatuan dan kesatuan merupakan sendi-sendi kekuatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Komitmen kebangsaan tersebut.
Dorongan tersebut selanjutnya membuahkan hasil dengan lahirnya sumpah pemuda pada tahun 1928, yang merupakan inti kekuatan dan tekad anak bangsa untuk mempersatukan tanah air, bangsa, dan bahasa, yaitu Indonesia. “Dan gerakan moral dan intelektual itu ternyata bukan saja membuahkan sumpah, tetapi juga menumbuhkan semangat perjuangan merebut kemerdekaan, sampai akhirnya bangsa indonesia mencapai Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945,” tuturnya.
Mencermati situasi dan kondisi di alam kemerdekaan ini, Bupati Ade Swara menilai bahwa kedewasaan masyarakat kita sebagai suatu bangsa yang merdeka cenderung belum mampu memaknai hakikat kemerdekaan yang sebenarnya, karena melihat kenyataan hampir di seluruh wilayah tanah air masih banyak terjadi aksi-aksi anarkis yang mengarah pada lunturnya nilai persatuan bangsa. 
Terlebih di tengah-tengah arus globalisasi dan berkembangnya teknologi informasi saat ini, yang telah membawa dampak kontra produktif terhadap kelestarian atau memudarnya rasa nasionalisme, patriotisme dan kecintaan terhadap negara. Perbedaan pendapat antar golongan atau ketidaksetujuan dengan kebijakan pemerintah adalah suatu hal yang wajar dalam suatu sistim politik yang demokratis. Namun berbagai tindakan anarkis, konflik sara dan separatisme yang sering terjadi dengan mengatasnamakan demokrasi menimbulkan kesan bahwa tidak ada lagi  semangat kebersamaan sebagai suatu bangsa. “Kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok telah menjadi tujuan utama, sementara semangat untuk membela negara seolah telah memudar,” jelasnya.
Dengan kenyataan seperti itu, Bupati Ade Swara mengajak segenap elemen masyarakat Karawang, termasuk para generasi muda untuk menyadari dan menumbuhkan kembali pemahaman terhadap makna wawasan kebangsaan untuk menciptakan perdamaian, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, menjauhkan perselisihan “Serta memantapkan bangsa kita sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur,” pesannya.
Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan IPNU, Akhmad Fauzi Ridwan, menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai refleksi bagi generasi muda Kabupaten Karawang untuk lebih mengetahui, memahami, menghayati, serta mengamalkan wawasan kebangsaan dalam setiap aspek kehidupan. “Dengan demikian dapat tercipta generasi muda di Kabupaten Karawang yang mampu menghadapi tantangan dan ancaman yang muncul di masa yang akan datang,” ujarnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama