» » KARAWANG RAIH PENGHARGAAN CAPAIAN PEREKAMAN E KTP TINGKAT NASIONAL

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Kabupaten Karawang berhasil masuk dalam jajaran 10 (sepuluh) besar Kabupaten/Kota Yang Tertinggi Jumlah Hasil Perekaman E-KTP (KTP Elektronik) Secara Massal Tingkat Nasional. Atas keberhasilan tersebut, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Kabupaten Karawang, yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Karawang, H. Ade Swara oleh Direktur Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman, Kamis (29/11).
Prosesi penyerahaan penghargaan sendiri dilaksanakan di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Nasional Persiapan Penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Sosialisasi Perpres No. 67 Tahun 2011. Kegiatan yang turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, dan para Gubernur dan 497 Bupati/Walikota se-Indonesia tersebut, berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta.
Berdasarkan hasil pendataan dari Kementerian Dalam Negeri, Kabupaten Karawang menempati urutan ke-sembilan sebagai Kabupaten/Kota Yang Tertinggi Jumlah Hasil Perekaman E-KTP (KTP Elektronik) Secara Massal Tingkat Nasional. Dimana hingga saat ini, sebanyak 1.262.411 wajib KTP di Kabupaten Karawang telah berhasil direkam dalam system KTP elektronik, yang terintegrasi secara online dengan Pemerintah Pusat.
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Gamawan Fauzi, usai prosesi penyerahan penghargaan tersebut mengatakan, bahwa pihak Kementerian Dalam Negeri sangat mengapresiasi semua pihak yang telah turut mensukseskan  program e-ktp di seluruh Indonesia. Untuk itu, dalam kesempatan ini pihak Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang memiliki performa sangat signifikan dalam pelaksanaan program e-ktp.
Menurut Mendagri, keberadaan program e-ktp sendiri sangat penting, khususnya dalam jangka pendek, dimana saat ini dibutuhkan data kependudukan yang akurat untuk digunakan dalam pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu Presiden mendatang, baik berupa Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2), maupun Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4). “Keberadaan program e-ktp, tentunya akan semakin mempermudah pihak KPU dalam melakukan verifikasi pemilih pada pemilu yang akan datang,” ujarnya.
Sementara itu, menyikapi keberhasilan Kab. Karawang meraih penghargaan dalam E-KTP, Bupati Karawang, H. Ade Swara menjelaskan bahwa penghargaan tersebut sejatinya merupakan milik seluruh masyarakat Kab. Karawang, khususnya mereka yang telah bersemangat mendatangi kantor-kantor kecamatan, desa dan kelurahan untuk melakukan perekaman e-ktp, serta para operator pelaksana dilapangan dan aparatur pemerintah terkait lainnya. Untuk itu, Bupati menyampaikan kembali apresiasi dan penghargaan tersebut kepada mereka, karena tanpa kerja keras dan peran serta mereka, tentunya Kabupaten Karawang tidak akan mungkin mendapatkan penghargaan ini.
Di sisi lain, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Karawang, Eka Sanatha menjelaskan bahwa selain penghargaan tersebut, terdapat berbagai hal lain terkait pelaksanaan e-ktp di Karawang yang menjadi perhatian Kementerian Dalam Negeri. Salah satunya adalah proses perekaman e-ktp di Kab. Karawang yang buka hingga pukul 24.00 WIB, serta target perekaman data per alat per hari, yang ditetapkan sebanyak 150 perekaman per alat per hari, dapat ditingkatkan menjadi 400 perekaman per alat per hari.
Berikut adalah 10 (sepuluh) besar Kab/Kota yang tertinggi jumlah hasil perekaman e-KTP secara massal: 1. Kab. Bogor; 2. Kab. Bandung; 3. Kab. Malang; 4. Kota Bandung; 5. Kab. Jember; 6. Kab. Sukabumi; 7. Kab. Tangerang; 8. Kab. Cianjur; 9. Kab. Karawang; 10 Kab. Banyumas. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama