TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

KETUA TP PKK HJ NURLATIFAH MEMBUKA PAGELARAN SENI TARI TRADISI PARAHIYANGAN

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Sebagai upaya Mendukung program ekstrakuliler yang ada di salah satu sekolah di Kabupaten Karawang, Hj Nurlatifah Ade Swara hadir sekaligus membuka Pagelaran Seni Tari Tradisi Parahiyangan, dalam rangka HUT ke -3 Ekstrakulikuler Seni Tari SMPN 1 Karawang Barat, Penyelenggaraan berlokasi di Aula Husni Hamid Lingkungan Pemkab Karawang Kamis sore ( 29/11 ).

Pada kesempatan itu hadir para orangtua siswa dari SMPN 1 Karawang Barat, dan para penggiat seniman  STSI Bandung yang di datangkan dari luar kota, yaitu dari Bandung, acara sangat meriah di hadiri oleh ribuan Audience memadati aula.

Pada kesempatan ini Ketua TP PKK Hj Nurlatifah Ade Swara memberikan sambutan, dalam sambutannya mengatakan kita ketahui bersama, negeri kita, khususnya kabupaten Karawang memiliki cukup banyak warisan dan kearifan seni budaya, yang telah menjadi ciri khas tersendiri, yang salah satu diantaranya adalah seni tari tradisional. Namun demikian, seiring dengan era globalisasi dan perkembangan jaman, kondisi warisan dan kearifan seni budaya dirasakan semakin memudar karena tergerus oleh derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Tuturnya

Lebih lanjut kondisi ini terlihat semakin memprihatinkan, khususnya di kalangan generasi muda, dimana anak-anak kita saat ini lebih menyukai budaya – budaya asing. Tidak hanya budaya barat saja, melainkan budaya – budaya dari negeri Jepang dan Korea tidak terasa telah menjadi bagian dari kehidupan generasi muda saat ini. ujarnya

Untuk itu, saya secara pribadi sangat menyambut baik atas terselenggaranya pertunjukan seni tari tradisional parahiyangan ini. Dengan harapan, melalui kegiatan ini warisan dan kearifan seni budaya sunda dapat terus berkembang dan tertanam di hati masyarakat sunda, khususnya di kabupaten karawang tambahnya.

setelah melakukan sambutan ketua TP PKK memberikan secara simbolis bantuan santunan anak yatim dari panitia penyelenggara dan memberikan rangkaian bunga kepada Kepala SMP N 1 Karawang Bahtiar yang telah peduli kepada Seni Tari dan guru guru lainnya.

Guru Pembimbing Seni Tari SMPN 1 Karawang Barat mengatakan Tari Sunda adalah asset bangsa dan bentuk kesenian yang unik serta tidak terhingga nilai seninya, acara ini dinamakan Ibing Tradisi Manggung Kiwari dalam rangka HUT ke 3 Ektrakulikuler Seni Tari, arti dari judul kegiatan adalah bentuk kesadaran yang di ambil dari pengalaman. Ungkapnya

Kepala SMP N 1 Karawang H. Bachtiar mengatakan penyelenggaraan ini atas dasar bahwa pertunjukan seni tari di Kabupaten Karawang ini sudah memudar sangat jarang paling hanya satu kali dalam satu tahun oleh Disbudpar, maka Ekskul Seni Tari SMPN 1 Karawang Barat akan merutinkan dan dimulai sejak hari ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat Seni Tari yang ada di Sunda khusunya, Dana penyelenggaraan Gebyar ini murni dari swadaya Orang tua Siswa, untuk itu kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya mari kita didik bina anak siswa agar yang memiliki bakat seni bisa di salurkan begitu ujarnya. News ADS Radio, Cikampek.

Type above and press Enter to search.