» » NAPAK TILAS SEJARAH PERJUANGAN RATUSAN PEMUDA DARI BERBAGAI ELEMEN LONGMARCH DARI KARWANG KE BEKASI

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ) Dalam rangka melaksanakan napak tilas sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan, ratusan pemuda dari berbagai elemen melakukan melakukan Longmarch dari Karawang hingga ke Bekasi. Kegiatan yang dimulai di Lapang Karang Pawitan, Karawang tersebut merupakan salah satu wujud uoaya para Pemuda Kab. Karawang untuk menggelorakan kembali semangat perjuangan di Hari Pahlawan.
Dalam kesempatan tersebut, turut hadir sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Karawang, Drs. H. Agus Supriatman yang hadir mewakili Bupati Karawang, H. Ade Swara.
Agus Supriatman yang membacakan sambutan tertulis Bupati Karawang, H. Ade Swara mengatakan bahwa pelaksanaan napak tilas ini bukan hanya merupakan kegiatan tahunan tetapi yang paling penting adalah untuk mengenang serta memaknai perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Dimana saat itu, seluruh bangsa Indonesia mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan taruhan nyawa. ”Korban yang jatuh tidak terbilang. Mereka berjuang tanpa pamrih dengan hanya dua pulihan : merdeka atau mati” ujarnya.
Untuk itu, pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak segenap masyarakat Kab. Karawang untuk mengenang dan menghayati kembali perjuangan mereka dan dengan ketulusan hati; meneladani semangat juang dan kepahlawanan ini, membangkitkan jiwa dan semangat patriotisme dalam diri kita masing-masing. “Serta menerapkankannya dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan kita sehari-hari,” tuturnya.
Lebih lanjut Bupati, sebagaimana disampaikan oleh Agus Supriatman menjelaskan bahwa berbagai peristiwa sejarah ini menunjukkan kepada kita bahwa merebut kemerdekaan dari penjajah itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Kemerdekaan itu diperoleh dengan penuh pengorbanan jiwa dan raga, darah dan air mata, harta benda dan sebagainya. “Begitu besarnya pengorbanan para pahlawan demi kehidupan kemerdekaan generasi selanjutnya,” imbuhnya.
Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kepada segenap generasi penerus, dirinya mengajak untuk bersama-sama mempertahankan kemerdekaan ini, meneruskan cita-cita perjuangan mereka, senantisa mengobarkan semangat kepahlawanan dalam diri masing-masing serta mengisi kemerdekaan ini dengan karya nyata yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa ini.
Ketua Panitia Kegiatan Napak Tilas Karawang Bekasi, Daruwijaya menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini pihaknya berupaya untuk menggelorakan kembali semangat perjuangan para pahlawan dibumi Karawang pangkal perjuangan. “Untuk itu, pada kesempatan ini, kami dan berbagai elemen pemuda lainnya akan melakukan napak tilas dengan melakukan longmarch dari Karawang menuju Bekasi,” imbuhnya.
Sementara itu, sejumlah elemen pemuda dan masyarakat turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yang diantaranya adalah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten Karawang, serta sejumlah elemen lainnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama