» » PERINGATI HARI ANAK NASIONAL HIMPAUDI KAB KARAWANG SOSIALISASIKAN PENDIDIKAN USIA DINI

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Karawang berupaya mensosialisasikan pentingnya Pendidikan Usia Dini. Kegiatan yang berlangsung di Aula Wisma Haji Al-Jihad, Karawang tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang, Hj. Nurlatifah Swara, Sabtu (24/11).
Dalam kegiatan tersebut, Himpaudi turut mengundang para perwakilan PAUD-PAUD dari 30 kecamatan yang ada di Kab. Karawang. Berdasarkan hasil pengamatan, tampak sedikitnya 500 orang perwakilan PAUD tersebut turut memadati lokasi acara. Di sisi lain, dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Himpaudi juga rurut mengadakan kegiatan sosial berupa pemeriksaan gigi anak serta bazzar, serta menampilkan hiburan pentas seni dan senam oleh anak-anak anggota PAUD Sekabupaten Karawang.
Hj. Nurlatifah Swara dalam sambutannya mengatakan bahwa anak merupakan salah satu anugerah dari Allah SWT kepada kita. “Namun demikian, dibalik anugerah tersebut, terdapat tanggung jawab yang sangat berat bagi kita para orang tua untuk dapat mendidik dan membina mereka, sehingga dapat menjadi generasi yang berguna bagi agama, bangsa, dan Negara,” jelasnya.
Sejalan dengan itu, lanjut Hj. Nurlatifah, Pemerintah Kabupaten Karawang terus menjadikan pendidikan sebagai salah satu bidang prioritas pembangunan daerah. Berbagai program dan kebijakan di bidang pendidikan tersebut, dilakukan secara berjenjang mulai dari usia dini hingga ke tingkat pendidikan, dan tidak hanya difokuskan pada upaya pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi semata, namun juga dititik-beratkan pada pembinaan agama, moral, dan spiritual.
Dengan kebijakan pembinaan agama, moral, dan spiritual tersebut, alhamdulillah Kabupaten Karawang saat ini telah memiliki peraturan daerah yang mengatur secara khusus mengatur tentang pentingnya pendidikan agama bagi anak sejak dini. “Dan beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Karawang telah menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga Dan Seni Diniyah yang diikuti oleh ribuan santri diniyah sekabupaten Karawang,” ujarnya.
Upaya-upaya tersebut tentunya menunjukkan kepedulian Pemerintah Daerah terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak-anak di Karawang. Utuk itu, upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah tersebut tentunya perlu kita dukung bersama, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar, dan dapat menghasilkan output sesuai yang diharapkan. “Untuk itu, pada kesempatan ini, saya selaku ketua tim penggerak PKK, anggota DPRD, dan juga selaku bagian dari masyarakat karawang, mengajak seluruh hadirin yang hadi pada kesempatan ini untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian kita terhadap anak-anak kita, sebagaimana kepedulian yang telah ditunjukkan oleh Pemerintah Daerah” pintanya.
Di sisi lain, Ketua Panitia Kegiatan Himpaudi, Helmi Idris menjelaskan bahwa masa usia dini merupakan masa keemasan (golden age) untuk menciptakan dunia yang layak bagi anak. PAUD sendiri memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini dengan metode bermain sambil belajar, yang dilakukan untuk membentuk anak prasekolah, sehingga mereka siap untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjunya.
Helmi sendiri mengisyaratkan bahwa masih banyak anak usia dini yang masih belum terlayani. “Untuk itu, kami dan seluruh jajaran Himpaudi Kabupaten Karawang dan panitia penyelenggara bertekad untuk terus melakukan kegiatan sosialisasi dan perluasan akses pelayanan PADU ke masyarakat, yang dipadukan dengan acara Hari Anak Nasional,” imbuhnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama