» » SERAP ASPIRASI MASYARAKAT DESA, BUPATI ADE SWARA MANFAATKAN MEDIA KESENIAN WAYANG GOLEK

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Sebagai salah satu upaya untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung di tingkat desa, Bupati Karawang, H. Ade Swara berdialog bersama masyarakat Desa Ciwaringin, Kecamatan Lemahabang, Kamis (15/11). Kegiatan dialog bertajuk “Bupati Saba Pilemburan” tersebut dikemas secara apik karena dipadukan dengan kesenian tradisonal Wayang Golek pimpinan Dalang Kiai Apep S. Hudaya.
Masyarakat Desa Ciwaringin sendiri terlihat antusias menyaksikan kegiatan tersebut. Mereka berbondong-bondong hadir ke lokasi acara untuk melakukan dialog secara langsung dengan pimpinan daerah mereka. Di sisi lain, Bupati Karawang, H. Ade Swara pun turut membawa serta seluruh jajarannya, termasuk Sekretaris Daerah, para Asisten, serta para kepala dinas/badan/kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, guna melihat secara langsung kondisi riil di lapangan.
Bupati Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengatakan, ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi dirinya, karena disela-sela kesibukannya dapat bertemu dengan masyarakat Desa Ciwaringin. “Dengan harapan kegiatan ini dapat memperat kembali jalinan tali silaturahmi dan komunikasi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat, sehingga ada informasi yang bisa disampaikan, dan terdapat pula masukan dan imbal balik dari masyarakat,” jelasnya.
Bupati juga turut bangga kegiatan ini dipadati oleh masyarakat dari berbagai elemen, termasuk kehadiran para santri dari sejumlah pesantren yang telah mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan di Desa Ciwaringin dalam rangaka memperingati tahun baru Islam. “Mudah-mudahan kahadiran ini dapat semakin meningkatkan silaturahmi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan,”ujarnya.
Di sisi lain, Bupati Ade Swara benar-benar berharap kegiatan ini dapat memberikan imbal balik yang sangat diperlukan oleh Pemerintah Daerah guna meningkatkan kinerja dan sasaran program-program pembangunan. “Untuk itu, saya berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah bersedia hadir, termasuk kepada para dalang yang telah turut serta guna membantu menyampaikan informasi hasil-hasil pembangunan dan menyerap aspirasi masyarakat,” imbuhnya.
Dalam dialog tersebut, H. Jaelani salah satu Ketua KTNA di Desa Ciwaringin, berharap Bupati Ade Swara untuk terus memperhatikan para petani, seperti yang selama ini telah dilakukan. Hal ini sangat penting untuk program ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan, untuk itu, dirinya berharap Bupati untuk terus mempertahankan program rehabilitasi irigasi guna mendukung sektor pertanian . :”Serta terus membantu petani untuk menembus pasar, khususnya pada komoditi sayuran,”  ujarnya.
Salah seorang tokoh masyarakat lainnya, H. Wartam berharap Bupati Ade Swara untuk terus meningkatkan program rehabiliatasi infrastruktur, terlebih selain beberapa ruas jalan yang telah diperbaiki, di Desa Ciwaringin masih terdapat ruas-ruas jalan yang memiliki beberapa lubang kecil yang perlu diperbaiki. “Di desa kami terdapat masyarakat pekerja, yang berangkat pagi-pagi sekali dan pulang larut malam dan puluhan tukang ojek yang memanfaatkan jalur tersebut,” imbuhnya.
Menanggapi harapan-harapan masyarakat tersebut, Bupati Ade Swara menjelaskan bahwa pertanian masih merupakan andalan dan bidang strategis yang menjadi salah satu prioritas pembangunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Karawang. Salah satunya adalah bantuan hand traktor yang bila di daerah lain hanya sebanyak 20-30 unit saja, tetapi Pemkab Karawang telah menyerahkan 700 unit lebih.
Selain itu, saluran-saluran air irigasi pun terus diperhatikan. Anggaran yang telah dialokasikan telah mencapai Rp. 50 miliar. Akan tetapi karena panjangnya irigasi yang ada di Kab. Karawang, mungkin jumlah tersebut belum dirasakan maksimal. Hal serupan pun telah dilakukan untuk pembangunan infrastruktur, dimana anggaran mencapai Rp. 400 miliar telah dialokasikan Pemerintah daerah dan terus berjalan. “Insya Allah, kami sadar betul terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, untuk itu kami akan melakukan segalanya seoptimal mungkin, sesuai dengan anggaran yang ada, dan tentunya dengan bantuan seluruh masyarakat Kab. Karawang,” imbuhnya.
Di sisi lain, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Kab. Karawang, Drs. Matin Abdul Razak menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan tali silaturahmi antara masyarakat dengan pimpinan daerah. Dengan harapan, jalinan tali silaturahmi tersebut dapat semakin memberikan barokah bagi Kabupaten Karawang, khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu, masyarakat Desa Ciwaringin sendiri, telah menanti-nanti kedatangan Bupati Ade Swara sejak siang hari tadi. Padahal acara sendiri baru akan dilaksanakan setelah shalat ashar, yaitu sekitar pukul 16.00 WIB. Usai acara dialog, Bupati Ade Swara beserta istrinya, Hj. Nurlatifah Swara turut didaulat untuk menyerahkan piala kepada para juara dalam berbagai lomba yang digelar masyarakat Desa Ciwaringin dalam memeriahkan tahun baru islam, yang antara lain ppawai taaruf, lomba tumpeng, serta sejumlah lomba lainnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama