» » BUPATI ADE SWARA BUKA GEBYAR PESTA LAUT KUD MINA SINGAPERBANGSA CIPARAGEJAYA

News ( ADS Radio, Cikampek ). Bupati Karawang, H. Ade Swara secara resmi membuka kegiatan Nadran atau Gebyar Pesta Laut yang diselenggarakan oleh KUD Mina Singaperbangsa dan para nelayan Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Kamis (27/12). Kegiatan yang dipusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya tersebut dimeriahkan oleh ratusan perahu nelayan yang dihias sedemikian rupa, sehingga terlihat sangat meriah.
Pesta laut sendiri diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur warga nelayan Desa Ciparagejaya, atas melimpahnya hasil tangkap laut yang telah diberikan oleh Allah SWT. selama ini. Selain itu, pesta laut juga merupakan salah satu tradisi dari masyarakat nelayan Desa Ciparagejaya yang telah berjalan selama puluhan tahun lalu.
Bupati Karawang, H. Ade Swara dalam kesempatan tersebut menyambut baik inisiatif warga nelayan Desa Ciparagejaya yang menggelar pesta laut sebagai wujud syukur atas melimpahnya rizki yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Syukur nikmat sendiri diwajibkan dalam agama Islam, dan Allah telah berjanji akan menambah nikmat bagi mereka yang mensyukurinya, dan akan memberikan azab yang pedih bagi mereka yang kufur nikmat,” ujarnya mengutip sebuah ayat suci Alquran dalam bahasa Arab.
Lebih lanjut Bupati Ade Swara juga mengingatkan, syukur nikmat tersebut hendaknya tidak hanya melalui kegiatan syukuran seperti ini. akan tetapi terdapat hal lain yang juga tidak kalah penting, yaitu dengan ber-zakat atau menyisihkan sebagian rezeki tersebut kepada masyarakat yang tidak mampu. “Berzakat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang memiliki kelimpahan rezeki, dan juga merupakan wujud syukur atas rizqi yang telah diberikan kepada kita,” imbuhnya.
Terkait dengan tingginya potensi perikanan yang ada di Kab. Karawang, Bupati Ade Swara menjelaskan bahwa hal tersebut saat ini telah menjadi perhatian pemerintah daerah. Salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah dengan adanya pembangunan Sekolah Tinggi Perikanan terbesar se-Indonesia di Kab. Karawang.
Sekitar 20 persen kuota dari siswa sekolah tersebut adalah masyarakat Kabupaten Karawang, dengan keluarga dari masyarakat nelayan sebagai prioritas. Sekalipun kebutuhan biaya untuk bersekolah di sekolah tersebut cukup tinggi, namun seluruh siswa akan digratiskan dan dibebaskan dari biaya sekolah. “Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM perikanan di Kab. Karawang, sehingga dapat membangun daerah-daerah pesisir yang ada di Kab. Karawang,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua KUD Mina Singaperbangsa, Jejen Zaenal, yang mewakili masyarakat nelayan Desa Ciparagejaya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud syukur masyarakat nelayan Desa Ciparagejaya. Kegiatan pesta laut sendiri akan berlangsung selama empat hari, yang antara lain akan diisi oleh hiburan wayang kulit, tarling, dan sandiwara. “Syukur Alhamdulillah, pada tahun 2012 ini, produksi hasil perikanan tangkap nelayan Desa Ciparagejaya menjadi terbaik ke-empat di tingkat Jawa Barat,” ujarnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama