» » BUPATI ADE SWARA : KEBANGKITAN KAUM PEREMPUAN MERUPAKAN BAGIAN YANG TAK TERPISAHKAN DARI KEBANGKITAN BANGSA INDONESIA

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Bupati Karawang, H. Ade Swara menegaskan bahwa perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebangkitan Bangsa Indonesia. Penegasan tersebut disampaikan Bupati Ade Swara, saat dirinya bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-84 Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2012 yang berlangsung di Plaza Pemda Karawang, Kamis (20/12).
Apabila dilihat dari peranannya yang begitu penting, lanjut Bupati, maka sesungguhnya tidak ada alasan bagi ketidaksetaraan atau ketidak-adilan gender dalam kehidupan, baik dalam lingkup kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, terhadap kaum perempuan. “Kesetaraan dan keadilan gender merupakan salah satu konstruksi sosial yang harus dimanfaatkan sebagai pendukung upaya pemberdayaan perempuan secara menyeluruh,” tegasnya. 
Bupati melanjutkan, dalam realitas sosial, sebagian besar masyarakat masih menempatkan posisi perempuan pada kedudukan yang lebih rendah dari pria, serta pandangan sempit yang cenderung menganggap kaum perempuan sebagai insan lemah dan rentan. Hal ini mengakibatkan kedudukan, fungsi dan peranan perempuan dalam kehidupan politik, ekonomi, hukum dan sosial budaya berada dibawah kaum pria, atau mengalami perbedaan perlakuan, sering tersisih. “Bahkan masih banyak yang mengalami tindak kekerasan, baik fisik maupun psikis yang dilakukan keluarga maupun masyarakat,” imbuhnya.
Oleh karenanya, melalui peringatan Hari Ibu Ke-84 ini, Bupati mengajak kepada segenap elemen untuk menghargai keluhuran kodrat, harkat, martabat, kedudukan, serta peranan dan perjuangan kaum perempuan indonesia sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, dalam upaya peningkatan kualitas peran dan aktivitasnya dalam pembangunan
Dengan demikian, posisi dan peran perempuan Indonesia akan lebih mantap dan sejajar dengan peranan kaum laki-laki, tanpa mengabaikan kodratnya sebagai pembina keluarga. “Sebagaimana tema peringatan Hari Ibu tahun ini, yaitu “Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Kesejahteraan Bangsa," imbuhnya.
Sementara itu, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ibu sendiri berlangsung menarik, dimana hampir seluruh peserta dan petugas upacara merupakan kaum perempuan dari berbagai unsur. Bahkan bertindak selaku pemimpin upacara adalah Inspektur Dua Puspita dari jajaran Kepolisian Resort Karawang, serta grup paduan suara dari guru-guru wanita Kab. Karawang.
Di sisi lain, sebagai wujud penghargaan kepada para tokoh perempuan di Kab. Karawang, Bupati Ade Swara pun turut menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para tokoh perempuan tersebut, antara lain Hj. Siti Juwairiyah, Hj. Siti Rohbaniati, Siti Mariatus Sholehah, E. Rosmala, Hj. Istiqomah Gardjito. Selain itu, Bupati Ade Swara pun turut memberikan penghargaan kepada PT. Indo Liberty Textiles atas ditetapkannya perusahaan tersebut sebagai perusahaan PMA terbaik dalam kategori industry tekstil tingkat Jawa Barat. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama