» » BUPATI KARAWANG SERAHKAN DAK2 KEPADA KPUD KARAWANG

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Menindaklanjuti amanat Undang- Undang No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD, Bupati Karawang, H. Ade Swara menyerahkan Daftar Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Karawang. Berkas DAK2 yang diserahkan Bupati Ade Swara tersebut diterima secara langsung oleh Ketua KPU Kab. Karawang, Emay Ahmad Maehi, di sela-sela pelaksanaan Apel Pagi PNS bertempat di Plaza Pemda Karawang, Kamis (6/12).
Daftar Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) tersebut adalah untuk seluruh wilayah Kab. Karawang dengan jumlah penduduk 1.948.015 jiwa yang tersebar di 30 kecamatan, dan dikemas dalam bentuk compact disc (CD).  Berkas tersebut selanjutnya akan menjadi bahan bagi KPU Kab. Karawang dalam menyusun daerah pemilihan Kabupaten Karawang, sebagai persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada.
Bupati Ade Swara usai penyerahan DAK2 kepada KPU tersebut menjelaskan bahwa dalam rangka penyediaan data yang akurat untuk pelaksanaan pemilukada dan pemilu tahun 2014, Pemerintah telah menetapkan tanggal 6 Desember 2012 sebagai waktu pelaksanaan penyerahan data agregat kependudukan per kecamatan (dak2) kepada pihak KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota secara serentak, sebagaimana yang dilaksanakan di kabupaten karawang pada hari ini.
Data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) tersebut selanjutnya akan digunakan oleh pihak kpu provinsi maupun kabupaten/kota sebagai bahan penyusunan daerah pemilihan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Dengan demikian, kegiatan yang kita laksanakan ini mempunyai arti strategis dan sangat vital bagi proses penyelenggaraan Pemilukada dan Pemilu tahun 2014.
“Khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi, melalui penciptaan daftar pemilih yang benar-benar riil dan merepresentasikan penduduk Karawang  yang sebenarnya. Selain itu keberadaan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) yang akurat tersebut, tentunya akan semakin mempermudah kerja pihak KPU dalam melakukan verifikasi pemilih pada pemilu,” ujarnya.
Bupati melanjutkan bahwa data dalam berkas DAK2 tersebut hasil dari pelaksanaan program perekaman e-ktp di kabupaten karawang, yang telah dilaksanakan dalam dua tahun terakhir ini. Terkait dengan pelaksanaan program perekaman e-ktp di kabupaten karawang tersebut, Bupati menjelaskan bahwa Kabupaten Karawang berhasil masuk dalam jajaran 10 (sepuluh) Besar Kabupaten/Kota Yang Tertinggi Jumlah Hasil Perekaman  E-KTP (KTP Elektronik) secara massal tingkat nasional, dan telah mendapatkan piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 
Menyikapi keberhasilan tersebut, menyampaikan apresiasi dan penghargaan tersebut kepada seluruh masyarakat kabupaten karawang, khususnya mereka yang telah bersemangat mendatangi kantor-kantor kecamatan, desa dan kelurahan untuk melakukan perekaman E-KTP, serta para operator pelaksana di lapangan dan aparatur pemerintah terkait lainnya. Hal ini karena penghargaan tersebut sejatinya adalah milik seluruh masyarakat Kabupaten Karawang. “karena tanpa peran serta mereka, tentunya Kabupaten Karawang tidak akan mungkin mampu meraih penghargaan tersebut,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Karawang, Eka Sanatha menjelaskan bahwa jumlah penduduk yang tercakup dalam daftar agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) Kabupaten Karawang adalah sebanyak 2.651.271 jiwa, sedangkan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013 sebanyak 2.439.636 jiwa, sementara untuk Pemilihan Legislatif, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 sebanyak 1.948.015 jiwa. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama