» » GUBERNUR AHMAD HERYAWAN PROSES PENEGERIAN UNSIKA SELESAI AWAL TAHUN 2013

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Gubernur Jawa Barat, DR. H. Ahmad Heryawan, LC, mengisyaratkan bahwa proses alih status Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) untuk menjadi universitas negeri diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2013 mendatang. Hal Tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan Reuni Universitas Singaperbangsa Karawang Alumni Tahun 1989 – 2011 bertempat di Kampus Unsika, Sabtu (15/12).
Lebih lanjut Gubernur menjelaskan bahwa salah satu syarat Unsika dapat di alih status menjadi universitas negeri adalah memiliki areal lahan seluas 30 hektar. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengalokasikan sebesar Rp. 50 milyar untuk keperluan pengadaan lahan tersebut. Saat ini masih terdapat kekurangan sebesar Rp. 4.8 milyar, yang akan segera dibayarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Gubernur melanjutkan bahwa pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menargetkan Unsika untuk dapat menjadi universitas negeri pada awal tahun 2013. Selain itu, pihaknya pun telah menargetkan untuk mengalih-statuskan 3 (tiga) perguruan tinggi lainnya di Jawa Barat menjadi negeri. “Dua diantaranya direncanakan telah menjadi negeri pada awal tahun 2013 termasuk Kab. Karawang, sedangkan dua lainnya ditargetkan pada akhir tahun 2013,” imbuhnya.
Gubernur juga menambahkan bahwa peningkatan jumlah universitas negeri di Jawa Barat cukup mendesak, terlebih rasio populasi penduduk di Jawa Barat yang lebih tinggi di daerah lain. “Di Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah penduduk yang relatif kecil pun telah memiliki tiga perguruan tinggi negeri, sehingga sudah selayaknya Jawa Barat memiliki jumlah perguruan tinggi yang lebih banyak,” tambahnya.
Bupati Karawang, H. Ade Swara yang turut mendampingi Gubernur dalam kesempatan tersebut menyambut baik dengan rencana alih status Unsika menjadi universitas negeri. Dengan harapan, proses tersebut dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kab. Karawang. Selain itu, Bupati Ade Swara pun berharap para alumni Unsika dapat mengembangkan karya dan prakarsanya yang bermanfaat bagi pembangunan Karawang yang kita cintai. “Dengan harapan mereka mampu mengikuti perkembangan zaman, dan dapat kontribusi terhadap pembangunan bangsa,” imbuhnya.
Ketua Ikatan Alumni Unsika, Tono Bahtiar, juga menegaskan optimismenya terkait proses alih status Unsika menjadi universitas negeri. Syarat ketersediaan Lahan seluas 30 hektar, yang berlokasi di Jalan Lingkar Luar Klari – Tanjungpura tersebut saat ini telah semakin siap. Di sisi lain, keberadaan Unsika sendiri telah memberikan kontribusi positif di Kab. Karawang, dimana salah satunya adalah munculnya beragam LSM, jaringan peduli hukum, yang merupakan para alumnus Unsika.
Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ahmad Heryawan dan Bupati Ade Swara pun turut meresmikan Kantor Sekretariat Ikatan Alumni Unsika yang dibangun dengan menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Karawang. Selain bantuan tersebut, Ketua Yayasan Singaperbangsa Karawang, Mayjen (purn) Tayo Tarmadi menjelaskan Pemerintah Kab. Karawang pun telah memberikan sejumlah bantuan lainnya, antara lain adalah untuk pembangunan Gedung Menwa Rp. 125 juta, Pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi Rp. 2,5 milyar, serta Beasiswa sebesar Rp. 3,3 milyar. News ADS Radio, Cikampek.


About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama