» » GUNAKAN MESIN CONCRETE CORE DRILLS, BUPATI ADE SWARA UJI KUALITAS BETON JALAN BADAMI PANGKALAN

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Bupati Karawang, H. Ade Swara kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelaksanaan proyek pembangunan jalan Badami – Pangkalan, yang menghubungkan antara Kecamatan Telukjambe Barat, Pangkalan, dan Tegalwaru, Minggu (16/12). Tidak tanggung-tanggung, dalam sidak kali ini Bupati Ade Swara pun turut membawa serta mesin concrete core drills guna melakukan uji kualitas beton secara langsung di sejumlah titik.
Mesin concrete core drills sendiri merupakan sebuah mesin yang didesain khusus untuk membentuk lubang lingkaran pada beton, guna menguji ketebalan beton di titik yang bersangkutan. Salah satu titik yang diuji oleh Bupati dengan menggunakan mesin tersebut adalah titik di sepanjang jalur irigasi Tarum Barat.
Di sisi lain, hasil / core yang didapatkan dari mesin tersebut selanjutnya diukur secara langsung oleh Bupati Ade Swara dengan menggunakan jangka sorong guna memastikan ketebalan beton secara tepat. Dari hasil pengujian tersebut, didapatkan angka ketebalan setebal 30,9 centimeter. sementara bestek yang ditetapkan oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan Kab. Karawang sendiri mensyaratkan ketebalan beton setebal 29 centimeter.
Usai proses pengujian dan pengukuran kualitas beton tersebut, lubang dengan diameter sekitar 10 cm tersebut terus ditambal kembali dengan menggunakan adukan beton oleh petugas dari Dinas Bina Marga dan Pengairan, sehingga jalan terlihat mulus kembali dan dapat digunakan untuk melintas kendaraan roda empat dan roda dua.
Menindak lanjuti hasil monitoring tersebut, Bupati Ade Swara mendorong pihak Dinas Bina Marga dan Pengairan untuk dapat menyelesaikan program-program pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan pada tahun 2012. Dengan harapan, seluruh program pembangunan infrastruktur tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat, dan target serapan anggaran APBD Tahun 2012 dapat tercapai.
Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kab. Karawang, Drs. Asikin, melalui Kepala Bidang Perencanaan, Yadi Mulyadi menjelaskan bahwa jalur Badami – Pangkalan yang tengah dikerjakan pada tahun ini adalah sepanjang 7.217 meter, dengan lebar sepanjang 6 meter, dan ketebalan minimal 29 centimeter. Untuk kebutuhan proyek pengecoran beton jalan Badami Pangkalan tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 21,292 milyar.
Yadi Mulyadi juga menambahkan bahwa proyek jalan Badami – Pangkalan untuk tahun 2012 ini telah hampir selesai, dan hanya tinggal menyisakan sekitar 300 meter kubik beton yang harus diselesaikan. Dengan target sekitar 100 meter kubik perhari, pihaknya optimis sisa pekerjaan tersebut dapat selesai dalam tempo 3 hari kerja ke depan.
Selain meninjau jalur Badami – Pangkalan, Bupati Ade Swara pun turut meninjau sejumlah proyek pembangunan ruang kelas baru dan rehabilitasi ruang kelas di sekolah-sekolah yang berada di jalur Badami – Pangkalan. Termasuk diantaranya adalah di SDN Karang Mulya I, Telukjambe Barat, dan serta Gedung SMP Negeri 1 Pangkalan.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Drs. Agus Supriatman, MM menjelaskan bahwa pada SDN Karang Mulya I terdapat 2proyek rehabilitasi ruang kelas dengan nilai tambah berupa pagar keliling sekolah. Sedangkan para SMP Negeri 1 Pangkalan terdapat 4 proyek rehabilitasi ruang kelas dan 4 proyek pembangunan ruang kelas baru secara kontraktual, dengan nilai tambah berupa keramik dinding, pagar duri, saluran air, dan conblok seluas 100 persegi. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama