» » KAJI PERMASALAHAN TENAGA KERJA ASING, KADIN GELAR SEMINAR KETENAGAKERJAAN

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Sebagai salah satu upaya untuk mengkaji kembali problema dan solusi permasalahan terkait tenaga kerja asing di Kabupaten Karawang, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Karawang menggelar kegiatan Seminar Tenaga Kerja Asing. Kegiatan yang berlangsung di RM. Sindang Reret Interchange Karawang Barat tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara, Kamis (13/12).
Bupati Ade Swara dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tenaga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang penting dalam pembangunan nasional, maka pelaksanaan perlindungan tenaga kerja harus sesuai dengan harkat dan martabat manusia, serta terpenuhinya rasa keadilan dengan memperhatikan kesamaan kesempatan dan perlakuan tanpa diskriminasi. “Terlebih dalam era globalisasi saat ini, kita tidak dapat menghindari adanya tenaga kerja asing, karena mereka merupakan salah satu faktor kunci dalam perusahaan yang bermodalkan asing,”ujarnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa dalam perkembangan pergaulan internasional saat ini, tidak mungkin suatu negara dan atau bangsa tidak mengadakan kontak dengan bangsa dan atau negara lain. Suatu negara tidak mungkin dapat maju dan berkembang apabila mengisolasi diri pergaulan internasional, baik dalam kehidupan politik, ekonomi, kebudayaan maupun kepentingan lainnya, termasuk di bidang ketenagakerjaan.
Namun demikian, keberadaan tenaga kerja asing selain menjadi factor kunci, juga menimbulkan problema tersendiri. Oleh karena itu, dalam seminar ini tentunya diharapkan dapat mengangkat berbagai kendala, tantangan dan permasalahan ketenagakerjaan untuk dicarikan solusinya sehingga permasalahan–permasalahan yang kemungkinan terjadi di masa yang akan datang dapat diantisipasi dan diselesaikan secara kekeluargaan dan mekanisme yang berlaku “Sehingga dampak yang diakibatkan oleh masalah ketenagakerjaan Indonesia dan asing yang bekerja di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Karawang dapat dieliminir,” imbuhnya
Selain itu, Bupati Ade Swara pun berharap seminar ini dapat menghasilkan materi yang bida menjadi bahan rumusan untuk dijadikan referensi penyelesaian masalah ketenagakerjaan. “Terlebih dengan prinsip kebersamaan dan kekeluargaan, seminar ini pun diharapkan dapat menghasilkan output yang positif sekaligus input bagi Pemerintah Daerah dalam upaya akselerasi pencapaian sasaran kebijakan pembangunan bidang ketenagakerjaan ,” tambahnya
Di sisi lain, Bupati juga mengharapkan kepada segenap keluarga besar KADIN Karawang agar senantiasa menjadi mitra terdepan Pemerintah Daerah dalam upaya menciptakan kondusifitas pelaksanaan pembangunan bidang ketenagakerjaan di Kab. Karawang khususnya yang menyangkut keharmonisan hubungan industrial antara pekerja dengan pengusaha. “Karena pada gilirannya nanti hal ini akan berdampak positif terhadap kelancaran berbagai program pembangunan lainnya secara menyeluruh,” tambahnya.
Sedangkan terkait dengan munculnya majalah bulanan Peluang yang diterbitkan oleh KADIN Karawang, Bupati Ade Swara berharap majalah tersebut dapat memuat berita yang objektif dan berimbang sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Pers. “Sehingga pemberitaan tersebut tidak hanya terus membela-belain Pemerintah saja, melainkan harus tetap mampu bersifat objektif,” imbuhnya.
Ketua KADIN Karawang, Nizar Sungkar mengatakan bahwa tema seminar kali ini digunakan karena Kab. Karawang saat ini tengah dilirik oleh investasi, dan juga fakata bahwa jumlah tenaga kerja asing pun terus bertambah. Namun demikian, keberadaan tenaga kerja asing sendiri hendaknya dapat dimanfaatkan untuk sharing dan transfer ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM tenaga kerja lokal.
Sementara itu, Ketua Panitia Seminar, Budi Herdiawan menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh organisasi dan himpunan pengusaha seperti Apindo dan HIPMI, para pengambil kebijakan perusahaan, serta para pengelola kawasan industry. “Selain itu, pada seminar ini kami juga menghadirkan para nara sumber yang sangat kompeten dalam pelayanan ketenagakerjaan, serta pengawasan tenaga kerja asing di Kabupaten Karawang,” tuturnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama