» » MENTERI LH DAN BUPATI KARAWANG TANAMI TOYOTA FOREST DI SITU CIPULE

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Balthasar Kambuaya, dan Bupati Karawang, H. Ade Swara, dan Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Masahiro Nonami,  mengawali penanaman pohon yang akan menjadi bagian dari Toyota Forest (Hutan Toyota) di Situ Cipule, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Selasa (18/12). 
Areal Toyota Forest seluas 60 hektar di Situ Cipule tersebut merupakan bagian dari kampanye kepedulian lingkungan hidup dan wujud Corporate Social Responsibility (CSR) PT. TMMIN di Kab. Karawang. Lahan tersebut selanjutnya akan ditanami dengan puluhan ribu pohon dari berbagai jenis pohon yang memiliki karakteristrik sebagai tanaman penghijauan, sehingga mampu menyerap banyak air dan karbon.
Menteri LH, Balthasar Kambuaya dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Toyota atas inisiatifnya dalam mendukung program penanaman 1 Milyar Pohon yang digagas Pemerintah melalui keberadaan program Toyota Forest di Karawang.
Lebih lanjut Balthasar Kambuaya menjelaskan bahwa masalah lingkungan hidup adalah persoalan bersama dan harus menjadi tanggung jawab bersama, termasuk juga isu global warming dan ancaman perubahan iklim. “Oleh karena itu, program 1 Milyar Pohon maupun Toyota Forest ini merupakan salah upaya dari kita bersama dalam rangka menggerakkan massa untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya.
Balthasar menambahkan bahwa dalam konsep pemeliharaan lingkungan, yang memiliki peran paling penting adalah sektor industri, khususnya dalam upaya menciptakan green industry dan green product. Kaitan dengan konsep tersebut, CSR yang dilakukan Toyota pada kesempatan ini adalah bentuk dari implementasi terhadap kesadaran industri terhadap lingkungan. “Profit tentu menjadi prioritas, akan tetapi dalam upaya mencari profit tersebut tentunya tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitarnya,” imbuhnya. 
Di sisi lain, Bupati Karawang, H. Ade Swara, berharap program penanaman pohon ini tidak hanya sekedar simbolis saja, melainkan juga dapat terus dipelihara sehingga dapat tumbuh dengan baik. Terlebih sampai saat ini telah banyak program penanaman pohon yang telah dilakukan banyak pihak di Situ Cipule. “Termasuk diantaranya adalah program penanaman pohon yang digagas secara langsung oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono,” tuturnya.
Terkait dengan semakin pesatnya pembangunan di Kab. Karawang, Bupati Ade Swara pun turut menegaskan kembali komitennya beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Kab. Karawang. “Alhmdulillah, dengan dibentuknya Perda Lingkungan Hidup dan akan dibentuknya perusda  khusus yang membidangi Lingkungan Hidup,” tambahnya.
Sementara itu, President Direktur PT. TMMIN, Masahiro Nonami menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud nyata kepedulian Toyota terhadap bangsa dan Negara Indonesia yang diselenggarakan melalui program CSR. Untuk itu, secara khusus, dirinya berharap keberadaan Toyota Forest di Kab. Karawang akan dapat mengurangi polusi, sekaligus menyerap air dan karbondioksida. “Toyota sadar bahwa bisnis tidak hanya mengedepankan profit dan produksi saja, melainkan juga komitmen untuk memberikan sumbangsih kepada komunitas masyarakat,” ujarnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama