» » SERAPAN ANGGARAN APBD KAB KARAWANG CAPAI 90,61 PERSEN

 Karawang ( News ADS Radio Cikampek ). Serapan anggaran APBD Kabupaten Karawang sampai dengan tanggal 30 Desember 2012 telah mencapai 90,61 persen. angka serapan anggaran sebesar 90,61 persen tersebut masih merupakan angka sementara, dan masih memiliki kemungkinan untuk bertambah. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kab. Karawang, Drs. Darnawi, yang ditemui di ruang kerjanya di Gedung Pemda Karawang, Minggu (30/12).
Menurut Darnawi, capaian angka serapan anggaran tersebut berada dalam kategori yang cukup baik bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya yang ada di wilayah propinsi Jawa Barat. Dari hasil koordinasi dengan sejumlah kabupaten/kota lainnya, penyerapan anggaran Kota Bandung mencapai 91,8 persen, Kab. Tasikmalaya 73 persen, Kab. Sumedang 83,7 persen, dan Kab. Bekasi sebesar 93 persen.
Apabila merujuk kepada Surat Lembaga Administrasi Negara RI No. 58/Kep/IV/2003 perihal Penyempurnaan Pedoman Penyusunan AKIP, angka serapan anggaran Kab. Karawang sendiri telah melebihi ekspektasi yang diharapkan. Dari skala pengukuran ordinat kinerja yang ada, nilai capaian kinerja dikatakan berhasil baik/sangat baik bila mencapai 80 – 85 persen; baik sebesar 70 – 80 persen; sedang/cukup baik sebesar 55 – 70 persen; dan kurang baik/tidak berhasil bila angka capaian kinerja di bawah 55 persen.
Lebih lanjut Darnawi menjelaskan bahwa pihak Pemerintah Daerah masih belum cukup puas dengan capaian hasil kinerja tersebut, untuk itu pihaknya akan melakukan sejumlah langkah yang diperlukan guna perbaikan di tahun 2013 mendatang. “Salah satunya adalah dengan memaksimalkan serapan Belanja Tidak Langsung secara efektif dan efisien melalui sistem manajemen keuangan, serta patuh terhadap peraturan perundangan yang berlaku,” ujarnya.
Di sisi lain, lanjut Darnawi, Belanja Langsung akan dilaksanakan secara proporsional dan professional, sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta hasil evaluasi tahun sebelumnya. Beberapa langkah yang telah direncanakan untuk mendukung upaya tersebut adalah dengan mengikutsertakan personil yang lebih banyak pada pelatihan di bidang perencanaan teknis, serta keahlian pengadaan barang dan jasa, maupun merekrut langsung tenaga teknis bidang perencanaan.
Selain itu, pihak Pemerintah Daerah pun akan berupaya untuk meningkatkan tenaga konsultan; menempatkan kegiatan perencanaan teknis kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya pada perubahan anggaran tahun yang sedang berjalan; mengupayakan agar pada perubahan anggaran tidak ada lagi pekerjaan fisik yang memerlukan waktu yang lama; serta mendahulukan proses lelang bagi kegiatan dengan volume cukup besar atau memerlukan waktu yang lama.
Darnawi sendiri optimis dengan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan APBD Tahun 2012 serta sejumlah langkah yang akan ditempuh dapat semakin meningkatkan kinerja pelaksanaan APBD Tahun 2013 mendatang. “Dengan harapan capaian angka serapan APBD Tahun 2013 mendatang dapat tercapai hingga 100 persen,”imbuhnya. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama