» » BANTU KORBAN BANJIR DINSOS PB KARAWANG SALURKAN 26 TON BERAS

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Menyikapi bencana banjir yang melanda sejumlah titik di Kabupaten Karawang, Dinas Sosial dan Penanggulangan bencana Kabupaten Karawang telah menyalurkan berbagai bantuan bagi para korban banjir. sebagaimana data yang diperoleh dari Posko Satkorlak Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial dan PB sedikitnya telah menyalurkan 26 ton beras kepada para korban banjir di berbagai wilayah di Kabupaten Karawang.
Selain menyalurkan bantuan bahan pokok tersebut, Dinas Sosial dan PB Kabupaten Karawang turut menerjunkan 8 unit perahu karet untuk keperluan evakuasi para korban banjir. Selain itu, total sebanyak 27 perahu karet bantuan dari berbagai instansi terkait, seperti Brimob, Basarnas, Yonif 305, Sagara, Pramuka, dan sejumlah perusahaan pun turut diterjunkan untuk melakukan evakuasi korban banjir.
Selain bantuan bahan pokok dan perahu karet, Dinas Sosial dan PB Kab. Karawang bekerjasama dengan dinas/instansi terkait juga telah mendirikan tenda-tenda dan posko darurat untuk tempat penampungan sementara para korban banjir. selain itu, di wilayah Alun-Alun Karawang, dan titik-titik strategis dekat lokasi banjir pun  telah didirikan dapur umum guna memenuhi kebutuhan masyarakat pengungsi.
Kepala Dinas Sosial dan PB Kab. Karawang, Drs. Banuara Nadeak, MM menjelaskan bahwa pihaknya telah menyalurkan berbagai bantuan bagi para korban banjir sejak tanggal 18 Januari 2013 lalu. Di tanggal tersebut, pihaknya telah menyalurkan 2,895 ton beras bagi para korban banjir, dan dihari berikutnya sebanyak 23,270 ton beras disalurkan kepada para korban banjir.
Banuara sendiri mempersilakan masyarakat untuk mengakses bantuan yang ada di Dinas Sosial dan PB. Untuk itu, masyarakat diharapkan segera berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan, yang selanjutnya diteruskan kepada posko Satkorlak Penanggulangan Bencana. Atas rekomendasi dari Satkorlak Penanggulangan bencana tersebut, Dinas Sosial dan PB akan mengirimkan bantuan tersebut kepada calon penerima bantuan dengan fasilitasi dari pihak desa dan kecamatan.
Di sisi lain, Banuara juga menambahkan Dinas Sosial dan PB Kab. Karawang tengah berupaya mengakses bantuan yang ada di tingkat pusat. Sedikitnya terdapat 80 ton beras dari Dewan Ketahanan Pangan Nasional yang dapat diberikan kepada Kabupaten Karawang. “Dimana 20 ton diantaranya diperkirakan akan tiba pada hari ini, minggu (20/1),” tambahnya.
Tebang Dahan Pohon Untuk Antisipasi Pohon Tumbang
Di lain pihak, Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang pun turut bergerak guna meminimalisir kemungkinan bencana pohon tumbang dan menimpa masyarakat. Terlebih intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Kab. Karawang beberapa hari terakhir ini turut diiringi oleh angin kencang yang memiliki potensi yang cukup membahayakan masyarakat. Untuk itu, pihak Dinas Cipta Karya Karawang telah menginstruksikan jajarannya untuk memangkas dahan pohon yang berpotensi tumbang dan ambruk. Khususnya pohon-pohon yang cukup tua di jalan-jalan protokol yang sering dilalui masyarakat umum. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama