» » BUPATI BUKA MUSDA FORUM KOMUNIKASI PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Bupati Karawang, H. Ade Swara membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM)Kabupaten Karawang yang digelar di Gedung Jepang, RM. Alam Sari Interchange Karawang Barat, Selasa (8/1). Kegiatan yang diikuti oleh puluhan perwakilan pekerja sosial masyarakat se-Kabupaten Karawang tersebut diselenggarakan guna melakukan evaluasi terhadap program kerja FK-PSM untuk pengembangan di masa yang akan datang.
Bupati Karawang, H. Ade Swara dalam arahannya mengatakan, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) merupakan salah satu komponen masyarakat yang dapat diandalkan sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah khususnya bagi dinas sosial dan penanggulangan bencana. “Karena mereka adalah warga masyarakat Karawang yang peduli, memiliki wawasan dan komitmen pengabdian di bidang sosial kemanusiaan,” ujarnya.
Untuk itu, lanjut Bupati, di dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya, setiap anggota PSM harus memiliki rasa kesadaran dan tanggungjawab sosial yang didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi di bidang sosial kemanusiaan, terutama dalam upaya turut menanggulangi permasalahan sosial bersama warga masyarakat setempat, khususnya di tingkat desa atau kelurahan.
Di sisi lain, Bupati Ade Swara juga mengemukakan bahwa dalam perspektif kesejahteraan sosial, permasalahan sosial memiliki kecenderungan untuk berkembang menjadi semakin kompleks. Hal ini, tentunya memerlukan perhatian khusus terutama di dalam aspek penanganan, yang menjadi lahan pengabdian dari para pekerja sosial masyarakat. “Oleh karena itu, anggota PSM senantiasa harus mengembangkan kompetensinya, terutama pada beberapa hal pokok seperti pada pelayanan yang bersifat perlindungan sosial, jaminana sosial dan pemberdayaan sosial,”
Selain itu, Bupati Ade Swara pun turut menginstruksikan Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang untuk melakukan upaya-upaya  penguatan kelembagaan di tingkat kabupaten, khususnya untuk kembali membentuk dan mewujudkan pengembangan kompetensi seluruh warga pekerja sosial masyarakat Kabupaten Karawang.
Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Kab. Karawang, Drs. Banuara Nadeak, MM menjelaskan bahwa pihaknya mencatat bahwa terdapat 1.500 pekerja sosial masyarakat yang ada di Kab. Karawang.  Terkait dengan kiprah mereka yang tanpa pamrih, pihak Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana tengah mengupayakan untuk turut menyediakan alokasi anggaran untuk mereka. Termasuk diantaranya rencana membangun rumah singgah seluas 2.000 meter untuk keperluan sosial. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama