» » HARI KEEMPAT, BUPATI ADE SWARA TERUS PANTAU LOKASI BANJIR DAN KOORDINASIKAN PENGURANGAN DEBIT AIR CITARUM

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Memasuki hari keempat sejak terjadinya bencana banjir, Bupati Karawang, H. Ade Swara terus berkeliling ke berbagai wilayah Kabupaten Karawang untuk melihat perkembangan terkini dan memantau secara langsung kondisi masyarakat di tempat yang terkena bencana banjir, Minggu (20/1). Dengan hanya menggunakan sepatu boot, Bupati Ade Swara yang didampingi Dandim 0604/Karawang Letkol. Kav. A. Nugroho, pun turut turun ke lokasi banjir, meskipun di beberapa titik ketinggian air telah mencapai pinggang orang dewasa.
Selain itu, Bupati Ade Swara pun turut meninjau lokasi Bendungan Walahar yang berlokasi di Kecamatan Ciampel. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ade Swara berkoordinasi dengan pihak pengelola Bendungan Walahar untuk mulai mengurangi debit air yang mengalir ke sungai Citarum guna meringankan efek banjir. Alhasil, debit air pada Jumat (18/1) pukul 13.00 WIB, yang sebelumnya mencapai lebih dari 800 meter kubik per detik telah berhasil diturunkan menjadi sekitar 506 meter kubik per detik pada pukul 17.00 WIB.
Di sisi lain, sampai dengan hari ini, Bupati Ade Swara terus melakukan peninjauan di berbagai lokasi banjir selama empat hari berturut-turut. Hal ini dilakukan guna melihat sejauhmana kondisi riil masyarakat dilokasi yang terkena banjir, termasuk diantaranya memantau teknis penanganan korban banjir serta distribusi bantuan bagi masyarakat oleh Tim Satkorlak Penanggulangan Bencana yang dibentuk Pemerintah Daerah.
Dari hasil pemantauan tersebut, memasuki hari kelima sebagian titik banjir, seperti di Karawang Indah, Galuh, dan Perumnas, telah mulai surut, sehingga para warga komplek tersebut yang sebelumnya mengungsi pun telah kembali kerumah. Namun demikian, disejumlah titik, seperti di daerah aliran sungai Cibeet, kondisi air masih cukup tinggi dan warga pun masih tinggal di pengungsian maupun di tenda-tenda posko darurat yang dikoordinir Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya.
Derasnya arus banjir sendiri pun telah mengakibatkan tanggul yang terdapat di Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya jebol,  dan air limpas ke permukiman warga sekitar tanggul. Bupati yang meninjau secara langsung tanggul jebol tersebut menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum guna memperbaiki kembali tanggul tersebut dalam waktu singkat.
 Terkait bencana banjir yang disebabkan oleh kondisi alam dan cuaca ekstrem tersebut, Bupati Ade Swara berharap masyarakat Karawang yang terkena bencana untuk senantiasa sabar namun tetap waspada, terlebih bila intensitas curah hujan kembali tinggi. Disamping itu, Bupati Ade Swara sejak awal terjadinya bencana banjir telah  mensiagakan kembali tim Satkorlak Penanggulangan Bencana guna memenuhi kebutuhan pokok para korban banjir, termasuk mensiagakan perahu, tenda dan dapur umum.
Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Satkorlak Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang per tanggal 19 Januari 2013, bencana banjir telah merendam sedikitnya 18.804 rumah, di 80 desa di 23 `kecamatan, dengan ketinggian air bervariasi antara 30 – 250 cm. Kondisi tersebut mengakibatkan sebanyak 68.776 warga dari 21.948 KK harus mengungsi sementara hingga banjir surut. Sedangkan untuk areal persawahan, Satkolarlak mencatat sedikitnya 12.109 hektar sawah di 23 kecamatan tergenang, dengan tinggi genangan antara 30 – 150 cm, dan lama genangan antara 2 – 5 hari.
Di sisi lain, untuk membantu meringankan beban para korban banjir, Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Kab. Karawang telah menyalurkan sedikitnya 26,165 ton beras, dan menerjunkan 27 perahu karet yang dihimpun dari berbagai instansi, untuk mendukung kegiatanevakuasi para korban banjir.  News ADS radio, Cikampek.

Kegiatan dan Titik Banjir Yang Dikunjungi Bupati Karawang
·         Rabu, 16 Januari 2013
Desa Karangligar, Kec. Telukjambe Barat.
·         Kamis, 17 Januari 2013
Rapat Satkorlak, peninjauan Posko Satkorlak, Sekretariat Satkorlak, Gudang Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana
·         Jumat, 18 Januari 2013
Kec. Karawang Barat, Jenebin, Sumedangan, Perum Graha Karawang, Karawang Festivale, Desa Purwadana, Perum Karaba, Desa Wadas, Bendungan Walahar, Desa Kutapohaci, Kec. Ciampel, Perum Bumi Mutiara Indah, Situ Kamojing, Pawarengan, Cikampek, Kotabaru.
·         Sabtu, 19 Januari 2013
Desa Muara, Desa Cilamaya, Desa Telukbango, Kec. Batujaya.
·         Minggu, 20 Januari 2013
Titik-titik banjir di Kecamatan Jatisari, Titik-titik banjir Kec. Cilebar.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama