» » KAPOLRES KARAWANG PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT SATUAN PENGAMANAN KE-32

Karawang ( News ADS Radio, Cikampek ). Kapolres Karawang, AKBP. Arman Achdiat menjadi Inspektur Upacara dalam upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) Ke-32 Tingkat Kabupaten Karawang, Rabu (9/1). Upacara yang berlangsung di Mapolres Karawang tersebut diikuti oleh puluhan anggota Satpam dari berbagai perusahaan yang ada di Kab. Karawang.
Kapolres yang membacakan amanat Kapolri, Jend. (Pol) Timur Pradopo, mengatakan peringatan hari ulang tahun Satpam yang setiap tahun dilaksanakan tentunya tidak terbatas pada upacara yang bersifat seremonial belaka tetapi hendaknya dijadikan momentum untuk melakukan intropeksi dan evaluasi terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan eksistensi Satpam sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan fungsi  PAM  Swakarsa.
Dalam mengemban amanah tersebut, lanjut Kapolres, Polri tentunya tidak dapat berjalan sendiri, hal ini menyangkut dinamika lingkungan strategis yang semakin berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu juga dengan tingkat kriminalitas yang semakin marak dengan berbagai modus operandinya, serta timbulnya permasalahan sosial yang memicu konflik baik vertikal maupun horizontal. Pada sisi lain Polri juga masih dihadapkan pada masalah keterbatasan sumber daya manusia yang secara kuantitas belum sebanding dengan ratio jumlah penduduk Indonesia.
Oleh karena itu, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam bentuk PAM Swakarsa seperti halnya Satpam untuk membantu Polri dalam melaksanakan fungsi kepolisian. Hal ini secara tegas tertuang dalam Undang Undang Nomor 2 tahun 2002 pasal 2 ayat 1 sebagai dasar legalitas pengamanan swakarsa atau satuan pengamanan yang menyebutkan bahwa : “pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh kepolisian khusus; penyidik Pegawai Negeri Sipil; dan/atau bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.”
Dari uraian tersebut, lanjut Kapolres, dinyatakan secara tegas bahwa PAM Swakarsa atau Satpam merupakan mitra sajajar Polri dengan mengemban fungsi kepolisian terbatas dalam membantu Polri melaksanakan tugas pokoknya dilingkungan tempat tugas masing-masing. Kemitraan yang terjalin antara Polri dengan satuan pengamanan serta komponen pendukung lainnya yang terwujud didalam forum kemitraan komunitas security Indonesia hendaknya mengarah kepada hubungan yang konstruktif dari segala aspek, sebagai upaya peningkatan profesionalitas, terutama dibidang industrial security yang didalamnya memuat tiga komponen yang merupakan pilar utama penyangga yaitu system pengamanan, peralatan pengamanan dan professional pengamanan.
Kapolres melanjutkan, diperlukan  Langkah-langkah yang bersifat prioritas untuk dilakukan sebagai wujud upaya memperkuat pilar-pilar industrial security, meliputi penyempurnaan terhadap aspek legalitas dan pedoman dalam bentuk peraturan Kapolri yang merupakan pedoman standar dalam pengelolaan dan pnyelenggaraan PAM Swakarsa, dengan cara melakukan harmonisasi antara standar global sistem industrial security dengan instrumen pengamanan swakarsa yang akan di implementasikan di Indonesia.
Adapun harmonisasi terhadap system industrial security tersebut mencakup standar manajemen, standar kompetensi, standar perangkat (hard ware), standar audit, efisiensi penerapan, dan tentunya disertai standarisasi terhadap badan pelatihan profesi, asosiasi profesi serta lembaga sertifikasi profesi dibidang security; dan melakukan upaya legitimasi profesi anggota PAM Swakarsa atau Satpam, dengan cara melakukan penertiban seragam dan atribut anggota Satpam, serta meregistrasi ulang anggota Satpam.
Sementara itu, dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara dan perwakilan unsur muspida lainnya tersebut, Kapolres Arman Achdiat pun turut menyerahkan penghargaan kepada para anggota satpam berprestasi. Selain itu, dalam kegiatan tersebut turut digelar atraksi olah fisik para anggota satpam, termasuk diantara menghantam beton hingga pecah berkeping-keping. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama