» » BNN Dukung Program Zero Narkoba Polda Jawa Timur

News ADS Radio, Cikiampek. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar sangat mendukung  kebijakan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Hadiatmoko yang mencanangkan "Polisi Polda Zero Narkoba" di Markas Polda Jawa Timur.

"Ini institusi yang pertama. Kami bangga dan sangat mendukung, karena polisi di Jatim berani mendeklarasikan 'Polda Jatim Zero Narkoba',” kata Anang saat menyaksikan pencanangan program tersebut di Markas Polda Jawa Timur, Rabu 13 Februari 2013. Meski berat, kata Anang, BNN mendukung. Sebelumnya Yogya juga mendeklarasikan diri sebagai wilayah bebas narkoba.

Menurut jenderal yang pernah menjabat Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya itu, Jawa Timur sebenarnya cukup menonjol dalam kasus narkoba. Provinsi ini, kata dia, berada pada peringkat ketiga dalam kasus narkoba, dan tren kasus narkoba cenderung meningkat.
“Sebagian besar peredaran barang haram itu, dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan. “Kami semua harus memerangi peredaran dan pemakaian narkoba,” kata Anang.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Hadiatmoko, menjelaskan, program ini menunjukkan kepolisian Jawa Timur tidak akan memberikan toleransi sedikit pun terhadap peredaran narkoba. Polisi sebagai penegak hukum akan menjadi contoh. “Setelah pencanangan ini, bila masih ada anggota yang terbukti bermain-main dengan narkoba, akan kami pecat,” kata Hadiatmoko.

Setelah institusi kepolisian, pencanangan program yang sama juga akan segera dilaksanakan bagi semua anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hadiatmoko mengaku telah bicara dengan Pangdam Brawijaya Mayor Jendral Murjito, bahwa militer juga harus zero narkoba. “Kami sepakat memulai di instansi masing-masing untuk menuju Indonesia bebas narkoba pada 2015 sesuai Inpres Nomor 12 Tahun 2012,” ujar Hadiatmoko.

Pencanangan polisi Polda Jawa Timur zero narkoba juga ditandai dengan pemusnahan barang bukti 1.364 gram narkoba hasil sitaan aparat Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya. Selain itu, juga pelepasan balon udara bertuliskan "Polda Jawa Timur Zero Narkoba 2013".

Setelah pencanangan tersebut, Hadiatmoko bersama Panglima Kodam mengawali tes urine. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Rasiyo, juga ikut melakukan tes urine. Setelah komandannya, para pejabat di lingkungan Polda Jawa Timur bergiliran melakukan hal yang sama. Tes urine itu dilakukan di toilet bergerak yang telah disiapkan. Hasilnya, semuanya dinyatakan negatif narkoba. News ADS Radio, Cikampek.

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama