» » Jalan atau Bersepeda ke Kantor Bisa Pangkas Risiko Diabetes dan Obesitas


Jika memang dirasakan jarak dari rumah ke kantor tak begitu jauh, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk lebih memilih berangkat bekerja dengan cara berjalan kaki atau bersepeda daripada naik angkutan umum atau kendaraan pribadi. Sebab sebuah studi menemukan bahwa kebiasaan ini bisa memangkas risiko diabetes dan obesitas.

Meskipun dirasakan sangat sulit untuk membiasakan diri melakukan hal ini, namun hasil penelitian yang dilakukan di Inggris ini memberikan manfaat yang luar biasa, seperti dilansir Men's Health, Rabu (14/8/2013).

Berdasarkan hasil studi, dalam sebuah kelompok yang terdiri atas lebih dari 20.000 pekerja Inggris, mereka yang terbiasa berjalan untuk bekerja memiliki risiko 40 persen lebih rendah untuk terkena diabetes, 20 persen lebih rendah untuk terkena obesitas, dan 17 persen lebih rendah untuk mengalami tekanan darah tinggi. Sementara mereka yang terbiasa bersepeda memangkas risiko diabetes sebanyak 50 persen dan obesitas sebesar 37 persen.

Peneliti mengungkapkan bahwa ini berarti dari 14.000 orang pekerja lebih memilih untuk berjalan untuk sampai ke kantor setiap hari maka hanya sekitar 156 orang yang memiliki diabetes, 437 orang mengalami kegemukan atau diabetes, dan 338 orang mengalami tekanan darah tinggi.

Ketika Anda melakukan analisis yang sama untuk bersepeda, maka hanya ada 184 orang yang memiliki diabetes dan 762 orang yang mengalami kegemukan atau obesitas. Mungkin angka tersebut terlihat tidak begitu besar, namun bayangkan jika angka tersebut dijabarkan pada seluruh penduduk dunia, maka jutaan orang akan terhindar dari obesitas.

"Kesimpulannya, bergerak selama perjalanan pulang-pergi bekerja setiap hari akan membuat tubuh Anda membakar kalori lebih banyak," papar Roger E. Adams, Ph.D., ahli gizi dan pelatih pribadi di EatRightFitness.

Info dari > http://health.detik.com/read/2013/08/14/065124/2329042/763/jalan-atau-bersepeda-ke-kantor-bisa-pangkas-risiko-diabetes-dan-obesitas?l992206755

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama