» » BBPOPT Jatisari berbagi cerita tentang Pengendalian Tikus Pratanam

Akang Eteh seperti biasa BBPOPT (Balai Besar Peramalan Organisme Pangganggu Tumbuhan) Jatisari - Karawang, bekerjasama dengan ADS Radio Cikampek untuk membantu para petani bagai mana cara mudah untuk membasmi hama pengganggu padi atau bagaimana cara menanam padi dengan baik. Nah, tadi malam (24/3) BBPOPT berdialog interaktif bareng ponggawa siar Teh Hilda, obrolan menarik tadi malam ngebahas tentang Pengendalian Tikus Pratanam.

Hama tikus merupakan hama penting di Indonesia karena kerusakan yang diakibatkannya cukup luas terjadi setiap musim. Tikus menyerang semua stadia tanaman padi dari pesemaian hingga padi menguning, bahkan di penyimpanan (gudang). Susut hasil yang ditimbulkannya dapat menyebabkan kerugian secara ekonomi. Upaya pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan/menggabungkan teknologi pengendalian tikus yang sudah tersedia dengan berpedoman pada keadaan pertanaman atau lokasi daerah yang akan dikendalikan dari kondisi lahan bera sampai menjelang panen.

Salah satu strategi pengendalian tikus adalah yang efektif, efisien dan berdampak positif adalah pengendalian saat pratanam. Di daerah dengan pola tanam serempak, keberhasilan usaha pengendalian tikus Pratanam lebih efektif dan efisien dibanding daerah tanam tidak serempak.

Akang Eteh pastinya ga bakalan puas hanya dengan baca saja kan? makanya langsung tandang saja ke kantor BBPOPT nya terbuka untuk umum kok. Alamatnya di Jl. Raya Kaliasin Trompol Pos 1 Jatisari Karawang.

www.adsradiofm.com | ADS Radio, Cikampek

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama