TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

Mari deteksi penyakit lewat 7 jenis bau mulut ini!

Bau mulut adalah gangguan mulut yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Saat Anda bangun pagi pun, bau mulut pasti menyertai.

Biasanya bau mulut disebabkan karena kebersihan mulut yang tidak maksimal sehingga membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak. Selain faktor tersebut, ternyata penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Bahkan bau mulut mampu mendeteksi penyakit yang sedang Anda derita.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

1.
Berbau seperti kotoran


Mulut Anda ternyata bisa berbau seperti kotoran. Apa artinya? Para ahli kesehatan menyatakan bahwa bau mulut yang seperti kotoran atau feses menunjukkan bahwa gusi Anda terinfeksi karena adanya bakteri anaerob dalam mulut. Bakteri ini muncul disebabkan kurangnya flossing atau membersihkan gigi dengan benang.

2.
Berbau amis


Nitrogen dan sulfur adalah penyebab utama dari keluarnya bau amis di mulut Anda. Jika Anda mengalami bau ini, berarti ada masalah kesehatan yang berkaitan dengan ginjal Anda. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ginjal Anda.

3.
Berbau seperti mulut kering


Bau mulut seperti mulut kering memang sulit untuk dideskripsikan. Bau ini sendiri disebabkan oleh kekeringan yang terjadi di dalam mulut Anda atau Xerostomia yang terjadi karena produksi air liur yang tidak normal. Kondisi bau seperti ini akan menyebabkan masalah gusi serta kerusakan gigi.

4.
Bau busuk


Bau mulut seperti daging busuk bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan tonsilitis Anda. Sebab tonsilitis yang terinfeksi dan meradang akan membuat produksi bakteri anaerob semakin agresif. Kemudian bakteri ini akan menghasilkan bakteri sulfur yang menyebabkan bau busuk.

5.
Bau seperti susu fermentasi


Mulut berbau seperti susu fermentasi ketika Anda sedang melakukan diet yang rendah karbohidrat namun tinggi protein. Bau ini muncul sebab menjadi tanda bahwa diet yang Anda jalani tidak baik. Oleh karena itu ganti diet Anda dengan komposisi menu yang seimbang sebab karbohidrat pun diperlukan untuk kesehatan tubuh Anda.

6.
Bau seperti kamper


Mereka yang menderita sinus biasanya memiliki bau napas yang seperti kamper. Sebab lendir yang terbentuk ketika hidung tersumbat mengandung protein yang sangat padat sehingga menghasilkan bau sedemikian rupa.

7.
Bau seperti buah pir


Jika bau mulut Anda seperti buah pir, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda terkena penyakit diabetes tipe 1. Bau seperti ini muncul ketika ada kekurangan insulin di dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa tanda penyakit yang bisa dideteksi lewat bau mulut Anda. Oleh karena itu perhatikanlah bau mulut Anda sendiri sebab bisa jadi itu gejala penyakit.

Informasi ini dikutip dari: http://goo.gl/QG676O 

ADS Radio Cikampek, Subang, Karawang dan Purwakarta (ZeDar)

Type above and press Enter to search.