» » » Tingginya hormon ini bikin seseorang mudah nyontek saat ujian

Diakui atau tidak, setiap orang termasuk Anda pasti pernah berlaku curang dalam hidup Anda. Entah saat kecil dalam ujian atau saat dewasa ketika bekerja.

Sebenarnya apakah yang membuat seseorang berlaku curang? Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, ternyata selain karena adanya kesempatan, adanya hormon tertentu dalam diri seseorang membuat mereka dengan mudah berlaku curang atau melakukan sikap buruk lainnya.

Penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika Serikat ini menunjukkan bahwa kandungan hormon testosteron dan kortisol yang lebih tinggi dalam diri seseorang akan mendorong mereka dengan mudah untuk berlaku curang.

"Testosteron merupakan hormon yang membuat seseorang lebih berani dalam melakukan sesuatu. Sedangkan hormon kortisol adalah hormon yang dilepaskan ke dalam tubuh ketika seseorang sedang stres dan mendorong mereka untuk nekad dalam 'membunuh' tekanan yang sedang mereka hadapi. Dengan tingginya kadar kedua hormon tersebut, maka seseorang akan lebih berani untuk melakukan perbuatan buruk termasuk nyontek ketika mengalami kesulitan saat sedang ujian," terang Robert Josephs, profesor psikologi di University of Texas.

Hasil penelitian ini diketahui setelah para peneliti melakukan tes air liur pada 117 siswa setelah ujian matematika. Mereka yang ketahuan menyontek saat ujian terbukti memiliki kandungan kedua hormon kortisol dan testosteron tersebut lebih tinggi. Sedangkan mereka yang mengerjakan dengan jujur memiliki kandungan kedua hormon tersebut lebih rendah.

"Untuk mengurangi kadar hormon kortisol dalam diri seseorang, perlu dilakukan sesuatu yang membuat stres mereka menurun seperti yoga, meditasi atau olahraga," saran Profesor Josephs. "Cara ini sendiri lebih efektif daripada menghukum anak yang ketahuan menyontek sebab mereka akan merasa terintimidasi dan membuat kadar stres mereka malah meningkat."


Informasi ini dikutip dari: http://goo.gl/MtCNaR

ADS Radio Cikampek, Subang, Karawang dan Purwakarta (ZeDar)

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama