» » » » DEMAM BERDARAH JANGAN DIANGGAP MUDAH BERSAMA dr. SELAMET RIYADI - KLINIK SEHAT PEWARENGAN - CIKAMPEK





Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau/ beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue. Demam dengue juga disebut sebagai "breakbone fever" atau "bonebreak fever" (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah. Sejumlah gejala dari demam dengue adalah demam; sakit kepala; kulit kemerahan yang tampak seperti campak; dan nyeri otot dan persendian.
Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa.
Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku).
Yang kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.
Terdapat empat jenis virus dengue. Apabila seseorang telah terinfeksi satu jenis virus, biasanya dia menjadi kebal terhadap jenis tersebut seumur hidupnya. Namun, dia hanya akan terlindung dari tiga jenis virus lainnya dalam waktu singkat. Jika kemudian dia terkena satu dari tiga jenis virus tersebut, dia mungkin akan mengalami masalah yang serius.
Belum ada vaksin yang dapat mencegah seseorang terkena virus dengue tersebut. Terdapat beberapa tindakan pencegahan demam dengue.
dr. Selamet Riyadi dari Klinik Sehat Pewarengan Cikampek yang hadir sebagai Narasumber dalam Talkshow tentang Demam Berdarah pada hari Kamis 18 Februari 2016, menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap penyakit Demam Berdarah. Jika terindikasi kena Demam Berdarah, lakukan beberapa langkah utama sebagai pertolongan pertama menangani Demam Berdarah dengan cara Minum yang banyak, minum juice buah, Sayuran, Makannya harus sering, Mengkonsumsi Sari Kurma sangat baik untuk menambah kalori.
Jika gejala sakit sudah terlalu parah, sebaiknya penderita segera dibawa ke Rumah Sakit untuk diberikan perawatan medis.
Waspadai gigitan nyamuk pada siang hari. Lakukan pengurangan penyebaran nyamuk dengan memberantas sarang nyamuk dengan cara melakukan 3 M :
1.    Menguras tempat-tempat penampungan air.
2.    Menutup rapat tempat penampungan air.
3.    Mengubur dan memusnahkan barang-barang bekas.

 Ingat! "Mencegah lebih baik daripada mengobati"
(by adsradio news)


About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama