» » Tips Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Karawang - Cantengan merupakan masalah kuku yang cukup umum terjadi. Cantengan adalah kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam, menekan kulit di sekitarnya sehingga menyebabkan ujung dan pinggiran kuku menjadi merah dan bengkak. Terkadang disertai juga dengan nanah.

Cantengan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Pada kondisi infeksi yang lebih parah, cantengan bisa menyebabkan demam. Cantengan biasanya banyak terjadi pada jempol kaki karena itu bagian yang paling menahan beban tubuh ketika berdiri atau berjalan. Apa saja penyebab cantengan dan bagaimana mengatasinya?


 Penyebab Cantengan"Penyebab cantengan yang paling umum adalah sepatu yang kesempitan sehingga jempol kaki menekuk di dalam sepatu, menyebabkan trauma dan kelainan jaringan pada kuku, dan menimbulkan jamur yang berakibat pada penebalan kuku," jelas Quinton Yeldell, D.P.M., pendiri brand perawatan kuku dan kaki Southern Hospitality, seperti dikutip dari Self.

Beberapa tipe kaki juga bisa membuat Anda rentan cantengan. Telapak kaki yang terlalu datar membuat Anda lebih sulit menemukan sepatu yang benar-benar pas. Memakai sepatu yang tidak pas terus-menerus akan membuat jari-jari kaki saling menekan dan akhirnya memicu timbulnya cantengan.

Mengobati Cantengan
Cantengan bisa saja diatasi sendiri di rumah. Tapi jika sudah ada tanda-tanda infeksi seperti jempol yang membengkak dan bernanah, sebaiknya Anda pergi ke dokter spesialis penyakit kaki.

"Kuku yang tumbuh ke dalam tanpa ada tanda-tanda infeksi bisa digunting sendiri dengan sangat hati-hati tanpa harus ke dokter," kata Quinton.

Saat menggunting kuku yang tumbuh ke dalam, pastikan Anda memakai gunting kuku yang steril dan tajam. Hindari memakai gunting kuku yang sudah tumpul atau berkarat. Guntinglah dengan sangat berhati-hati untuk mencegah gunting kuku melukai kulit di sekitarnya. Jika sudah terjadi luka, bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam kuku dan menyebabkan infeksi.

Jika sudah ada tanda-tanda infeksi seperti sakit yang tak tertahankan, bengkak, merah dan ada nanah, sangat disarankan untuk segera mendatangi dokter. Jangan pernah coba-coba mengobatinya sendiri karena justru bisa bertambah parah, terutama jika Anda memiliki riwayat diabetes atau radang sendi.


Mencegah Cantengan
Mencegah cantengan, menurut Quinton caranya cukup mudah. Pertama, usahakan selalu memakai sepatu yang nyaman dan pas dengan ukuran kaki. Tak perlu mengutamakan model sepatu dulu, karena secantik dan sebagus apapun model sepatu, jika ukurannya tidak pas hanya akan menyiksa kaki Anda.

Saat menggunting kuku, jangan membentuknya jadi membulat. Kuku yang membulat di pinggiran jari akan membuat kuku juga akan tumbuh searah guntingan kuku Anda. Guntinglah kuku dengan bentuk datar sehingga kuku juga akan tumbuh lurus. Tidak membulat dan menyebabkan kuku tumbuh ke dalam.

 



About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama