TfMlGpA0TSd6GUd6GSGlBUM9BY==

14 November ini kita bisa saksikan supermoon terbesar dalam sejarah

ADS - Pada 14 November mendatang, supermoon paling 'super' akan muncul dan terlihat jelas dari Bumi. Di mana pun Anda berada, Anda akan bisa melihat supermoon ini.

Dilansir dari Mashable dan Daily Mail yang mengutip NASA, bulan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada tanggal tersebut, dan sedang pada fase penuh atau Bulan Purnama. Nantinya, bulan akan terlihat 30 persen lebih cerah dan 14 persen lebih terlihat besar dari biasanya.

Supermoon ini beda dengan Supermoon yang sebelum-sebelumnya, pasalnya keadaan Bulan sedekat ini dengan Bumi adalah pada Januari 1948 silam. Keadaan ini pun akan terulang masih 18 tahun lagi, yakni 25 November 2034. Jadi, supermoon 14 November ini akan jadi supermoon yang spesial.
NASA pun dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa supermoon ini spesial karena bulan akan berada dalam fase full selama dua jam perigee. Hal ini berarti kita akan menikmati bentuk bulan terbesar hanya selama dua jam bulan tersebut berada di titik terdekat dengan Bumi.

Setelah itu, bulan perlahan menjauh, namun tetap akan terlihat lebih besar dan terang dari biasanya.
Supermoon sendiri memang fenomena yang akan selalu terjadi. Hal ini dikarenakan orbit bulan dalam mengelilingi Bumi tidak sepenuhnya bulat. Bahkan berbentuk lonjong. Jadi Bulan akan selalu mencapai titik terdekat dengan Bumi (perigee), dan juga titik terjauh dari Bumi (apogee). Ketika pada jarak terdekat dengan Bumi, perbedaan jarak Bulan ketika berada di titik terjauh bisa mencapai 50 ribu kilometer. Hal ini membuat pada supermoon, bulan akan nampak jauh lebih besar dan lebih terang.

Pada Desember mendatang, supermoon masih akan terjadi karena jarak bulan masih relatif dekat. Selain itu, akan terjadi juga hujan meteor Geminid yang digadang-gadang sebagai hujan meteor tahunan yang terbaik.
Jadi, yuk siapkan kudapan dan ajak orang tersayang untuk melihat keindahan ini pada 14 November mendatang.



Type above and press Enter to search.