» » Sering tiba-tiba terbangun ketika tidur? Ini yang jadi sebabnya


Apakah kamu pernah mengalami saat sedang tidur nyenyak dan kamu merasa kamu bermimpi seolah hendak jatuh lalu tiba-tiba terbangun? Jika ya dan kamu penasaran apa yang jadi jawabannya, berikut adalah penjelasannya.

Dilansir dari boldsky.com, keadaan saat kamu tiba-tiba bangun dari tidur yang nyenyak disebut dengan hypnic jerk. Hal ini terjadi karena otot yang berkedut.

Apa yang menjadi alasan dari terjadinya hypnic jerk?

"Kelelahan adalah penyebab utama dari gangguan tidur ini. Saat tubuhmu lelah, otak akan memproses tahapan tidur dengan buru-buru yang kemudian menyebabkan kebingungan organ di dalamnya. Dalam keadaan bingung inilah, tubuh mengira bahwa ada sesuatu yang salah sehingga tubuh 'membangunkanmu' dengan segera," jelas penelitian ini.

"Selain karena kelelahan, hypnic jerk juga bisa disebabkan karena stres, kecemasan, konsumsi alkohol dan kafein, serta olahraga yang dilakukan di malam hari."

Lantas, bagaimana cara untuk mencegah hypnic jerk?

"Konsumsilah makanan yang kaya akan magnesium sebab zat ini akan membuatmu jadi lebih rileks dan tidur akan jadi lancar. Serta, jangan lupa untuk yoga atau meditasi agar membuatmu lebih santai."

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama