» » Cegah Banjir di Jakarta, Anies Janji Perbanyak Sumur Resapan | yudha aryaseta - adsradiofm.com


Jakarta - Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki cara tersendiri untuk mengatasi banjir di Ibu Kota jika terpilih menjadi gubernur. Dia bersama Sandiaga Uno akan membuat sumur resapan di perumahan dan perkampungan warga.

"Ya jadi, secara umum pengelolaan air di Jakarta ini kita harus memperbanyak vertical drainase," ujarnya di Pesing Garden, Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (24/1/2017).

Sumur resapan dibuat untuk memasukkan air hujan ke dalam tanah. Menurut Anies, saat ini masih sedikit ada usaha untuk membuat sumur resapan.

"Di mana air hujan itu semaksimal mungkin dimasukkan ke dalam tanah. Dan ini membutuhkan kerja yang besar, karena saat ini masih minim sekali usaha untuk memasukkan air ke dalam tanah," jelasnya.

Anies menilai penanganan banjir saat ini dilakukan dengan mengalirkan air hujan ke laut. Sementara itu dirinya menilai yang dibutuhkan saat ini adalah memasukkan air ke dalam tanah.

"Yang dilakukan saat ini itu adalah semaksimal mungkin mengalirkan air ke tempat lain. Itu ke mana, ke laut, lalu dibuatlah saluran-saluran untuk mempercepat agar air sampai ke laut secepat mungkin," ucap Anies.

"Sebenarnya yang dibutuhkan justru air masuk ke dalam tanah. Karena itu yang akan kita lakukan memperbanyak sumur-sumur resapan. Dan sumur-sumur resapan ini adalah sumur resapan yang besar yang serius," tambahnya.

Sumur resapan ini akan disiapkan juga di samping kanal, sungai, dan saluran. Hal ini agar air hujan yang turun ke tanah dapat semaksimal mungkin masuk ke dalam tanah.

"Sehingga di samping-samping kanal, di samping sungai, di samping saluran, itu disiapkan lubang-lubang sumur resapan. Termaksud di kampung-kampung, jadi air hujan yang jatuh di rumah kita, itu semaksimal mungkin dimasukkan ke tanah," imbuhnya.

Adanya sumur resapan ini dikatakan Anies dapat membuat air hujan tidak seluruhnya dilimpahkan ke tempat yang rendah. Jika volumue air sangat banyak dilimpahkan ke tempat yang rendah akan menyebabkan banjir.

"Dengan begitu maka kita tidak saling melimpahkan air hujan, hari ini air hujan itu saling melimpahkan, dilimpahkan dari temat yang tinggi ke tempat yang rendah. Karena volumenya banyak, tidak mampu menampung, jadilah banjir," jelasnya.

Dengan demikian penanganan yang akan dilakukan Anies-Sandi adalah membuat sumur resapan secara masif di perkampungan dan perumahan warga.

"Nah kalau untuk kita menangani ini (banjir) secara umum akan seperti itu. Dan itu akan kita lakukan secara masif di kampung-kampung, di rumah-rumah," pungkasnya. 


Sumber : news.detik.com

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply