» » Ketika Selendang Dimanfaatkan untuk Mengurangi Nyeri Melahirkan | yudha aryaseta


Minnesota, Rumah sakit ini punya cara unik untuk mengurangi nyeri melahirkan yakni dengan memasang birthing sling. Semacam selendang yang dikaitkan ke langit-langit ruangan menggunakan semacam cincin besi.

Adalah Birthplace di University of Minnesota Masonic Children's Hospital di Minneapolis, AS, yang memasang selendang-selendang itu. Ada enam selendang yang dipasang pada Oktober 2016 lalu dan bisa digunakan oleh para ibu menjelang persalinannya.

"Ini adalah opsi atau peralatan lain yang bisa digunakan para perempuan untuk membantu mereka dalam proses melahirkan," ujar Carrie Neerland, perawat-bidan bersertifikat di RS tersebut, dikutip dari NBC.

Menurut Carrie, selendang tersebut bisa digunakan untuk mendukung pergerakan ibu hamil, sehingga kontraksi akan lebih efektif. Ditambahkan dia pada saat persalinan, panggul ibu akan terbuka, sehingga menjaga posisi tubuh tetap berdiri akan membuat bayi lebih efektif mencari jalan lahir.

Hal ini, tambahnya, akan membuat ibu yang akan melahirkan lebih bisa mengatasi rasa sakitnya. Karena itu juga akan mengurangi penggunaan epidural, sehingga bisa menghindari persalinan melalui caesar.

Jadi banyak cara yang bisa dilakukan dengan selendang tersebut. Misalnya ibu hamil duduk di exercise ball, lalu lengan diletakkan sedemikian rupa sehingga tertopang sempurna oleh selendang tersebut. Kemudian ibu-ibu yang mendekati waktu persalinannya ini menggoyang-goyangkan tubuhnya perlahan.

Baca juga: Di Hawaii, Melahirkan Bayi Bisa Dibidani oleh Lumba-lumba

Selendang tersebut menggunakan bahan yang lembut sehingga nyaman saat bersentuhan dengan kulit ibu. Selain itu juga cukup kuat karena mampu menahan beban hingga sekitar 225 kg.

Lauren Harrison dari Lakeville adalah salah satu yang menggunakan selendang itu menjelang proses persalinannya. Dia merasa senang karena rumah sakit mendukung upaya persalinan vaginal. Putri kecilnya lahir pada 10 November 2016 lalu dalam keadaan sehat, sementara dirinya pun bisa segera pulih.

Dikutip dari essentialbaby.com.au, bidan Heather Jelinek mengatakan ibu yang akan menggunakan birthing sling harus benar-benar sehat dan berat badannya dalam batas aman penggunaan alat tersebut. Ibu dengan kehamilan berisiko, misalnya yang memiliki darah tinggi, tidak disarankan menggunakannya.

Kata bidan Jelinek, keberadaan birthing sling akan membuat ibu yang hendak melahirkan punya banyak pilihan menggunakan alat untuk bergerak jelang persalinan, selain menggunakan matras yoga ataupun exercise ball.

Baca juga: Wow! Ibu Ini Berjoget Ria 'Hilangkan' Nyeri Kontraksi Jelang Melahirkan

Selendang untuk bantu redakan nyeri melahirkanSelendang untuk bantu redakan nyeri melahirkan /Foto: Ribozo



Di Amerika Serikat sendiri penggunaan birth sling di rumah sakit masih belum umum. Meski bisa mendukung persalinan normal, namun belum tentu bisa digunakan oleh semua ibu saat melahirkan.

Sementara itu di Eropa, ada teknik menggunakan selendang untuk membantu proses melahirkan secara normal yang dikenal sebagai rebozo. Jadi kain panjang semacam selendang dililitkan di sekitar panggul dan bokong ibu hamil yang tidur telentang, kemudian kain digerakkan pelan-pelan sehingga membuat ibu rileks.

Bisa juga dengan cara ibu hamil berlutut dengan posisi tangan menumpu ke tumpukan bantal besar ataupun ke birthing ball. Kemudian kain dibentangkan menutupi bagian perut, disatukan bagian kanan dan kirinya di belakang punggung si ibu, lantas digerak-gerakkan secara perlahan oleh suami atau orang lain.


sumber : health.detik.com

About ADS RADIO

Terimakasih telah berkunjung di ADS Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply